Risma Ajak Seluruh Pihak Gotong Royong Atasi Pandemi Covid-19

Bisnis.com,27 Jul 2021, 17:25 WIB
Penulis: Aprianus Doni Tolok
Menteri Sosial Tri Rismaharini (baju putih) saat memberikan keterangan pers terkait bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) di lobi gedung Kementerian Sosial di Jakarta, Rabu (7/4/2021)./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan bahwa dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian melainkan butuh sinergitas semua elemen bangsa.

“Konsep gotong royong yang kita lakukan itu bisa meringankan penanganan pandemi Covid-19, sebab dalam gotong royong itu ada tanggung jawab, ada rasa persaudaraan senasib sepenanggungan. Kita harus kembangkan lagi semangat gotong royong itu,” kata Risma dikutip dari laman Kemensos, Selasa (27/7/2021).
 
Dalam semangat gotong royong, kata Mensos, berbagai persoalan bangsa seberat apapun, pasti bisa diselesaikan dengan syarat tidak bergerak masing-masing ataupun sendiri-sendiri.
 
“Saya percaya segala macam persoalan bangsa kita bisa diselesaikan secara bersama-sama selama ada semangat bergotong royong dan tidak bergerak sendiri-sendiri, serta bukan kamu-kamu dan gue-gue hal itu sudah pasti tidak menjadi solusi,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, semangat gotong royong juga bisa diterapkan oleh masyarakat dalam membantu para pasien Covid-19 yang kini melakukan isolasi mandiri (isoman).

Mensos mencontohkan bahwa implementasi kegotongroyongan tersebut bisa melalui pemberian makanan kepada warga yang tengah isoman.
 
Contoh lainnya, sambung Mensos, pendirian dapur umum di tengah pandemi juga menjadi wujud nyata kolaborasi antarwarga.

“Seperti si A punya uang, si B bisa masak dan si C punya semangat gotong royong dan peduli berbagi, jika disinergikan akan menjadi kekuatan yang luar biasa. Jadi tidak perlu takut bangsa ini akan runtuh selama ada semangat gotong royong dan peduli kepada orang lain,” ujar Risma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini