Konten Premium

Pedro Castilo, Sang Guru Penggembala yang Kini Jadi Presiden Peru

Bisnis.com,27 Jul 2021, 17:20 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Pemilihan Presiden (Pilpres) Peru dimulai hari ini, Senin (7/6/2021), saat negara itu menghadapi pilihan polarisasi antara pemimpin populis sayap kanan Keiko Fujimori (kanan) dan pimpinan serikat guru sayap kiri Pedro Castillo (kiri)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Konstitusi mengatur setiap presiden Peru harus lahir di tanah Peru. Tetapi hampir tidak ada pemimpin masa lalu negara itu yang lahir dan dibesarkan di tanah kelahiran yang benar-benar miskin seperti Pedro Castillo.

Presiden terpilih yang akan dilantik besok (28/7/2021) itu adalah putra seorang petani miskin dari dataran tinggi Andes. Keseharian Pedro sangat bersahaja di lahan pertaniannya. Tidak heran sejumlah media tertarik untuk mewawancarainya sebelum dia dilantik sebagai presiden Peru kurang dari dua minggu setelah dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden pada 6 Juni lalu. 

Syahdan, pada suatu pagi, Pedro Castillo terlihat mengenakan ponco wol, sandal yang terbuat dari ban mobil tua, dan topi jerami bertepi lebar tradisional saat ditemui seorang wartawan asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini