Konten Premium

Kabar Bocor Data BRI Life, Janji Pak Polisi & Sikap OJK

Bisnis.com,28 Jul 2021, 09:41 WIB
Penulis: Wibi Pangestu P., Akbar E.& S.A. Ayyubi
Ilustrasi - (dari kiri ke kanan) Tommy Martin (Co-founder & COO Qoala), Utari Octavianty (Co-founder dan General Director Aruna) dan Anik Hidayati (Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life)meliuncurkan program asuransi mikro untuk nelayan. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus data nasabah yang bobol kembali terjadi, setelah heboh kasus BPJS Kesehatan, kabar data yang bobol kali ini terjadi di BRI Life. Kedua data itu dijual secara daring.

Kabar bermula dari postingan @UnderTheBreach yang menyertakan sebuah postingan dari web RaidForums. Akun twitter @UnderTheBreach dikelola oleh Direktur teknologi Hudson Rock, Alon Gal. Perusahaan teknologi bermarkas di Tel Aviv, Israel.

Alon menyampaikan dala forum web RaidForums terdapat oknum yang namanya tidak disebutkan mengaku menjual 460.000 dokumen yang dikumpulkan dari 2 juta nasabah BRI Life seharga US$7.000 atau sekitar Rp110 juta.



Alon dalam postingannya juga menampilkan sebuah video berdurasi 30 menit tentang data hingga 250Gb. Terlihat sejumlah informasi sensitif masyarakat seperti rincian rekening bank, salinan kartu tanda penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Selain itu, disebutkan lainnya yang bocor adalah pin polis asuransi Secure Hash Algorithm 1 (SHA-1), manfaat yang diterima nasabah, lama menjadi klien, Kartu Keluarga (KK), foto buku rekening, akta kelahiran, akta kematian, bukti transfer, foto hasil lab hingga keterangan penyakit.

“Kami mengidentifikasi beberapa komputer karyawan BRI Life dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang disusupi, yang mungkin membantu peretas mendapatkan akses awal,” katanya melalui akunnya, Selasa (27/7/2021). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini