Mau Harga Jual Kembali Mobil Tetap Tinggi? Berikut Tipsnya

Bisnis.com,28 Jul 2021, 20:24 WIB
Penulis: Dionisio Damara
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas. /Antara-Chairul Rohman

Bisnis.com, JAKARTA — PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membagikan kiat menjaga harga jual kembali atau resale value mobil bekas lebih tinggi dari harga pasaran. 

Hendro Kaligis, Head of Business Development SIS, mengatakan bahwa ada dua cara yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. 

Pertama, mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Jadwal perawatan berkala ini sudah disusun sedemikian rupa untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima. Ini merupakan rahasia umum yang diyakini oleh pembeli mobil bekas. 

Dia menjelaskan hal pertama yang dilakukan oleh calon pembeli mobil bekas adalah melakukan pengecekan apakah mobil dirawat secara berkala di bengkel resmi. Apabila tidak, pembeli mobil bekas akan ragu dan enggan memberikan penawaran yang tinggi. 

“Suzuki melalui layanan Auto Value tetap memberikan penawaran mobil bekas dengan harga tinggi, terutama pada mobil-mobil yang mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021). 

Kedua, memiliki asuransi dengan perlindungan komprehensif yang menyertakan klausul bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli (genuine part). Faktanya, hampir 90 persen mobil di perkotaan mengalami kerusakan bodi, mulai dari lecet-lecet minor hingga tabrakan. 

Perbaikan mobil di bengkel resmi memastikan kondisi bodi kembali baik sesuai dengan standar bengkel pabrikan. Saat melakukan pengecekan bodi mobil, umumnya pembeli mobil bekas dapat merasakan hasil perbaikan yang dilakukan dengan standar tinggi atau rendah. 

Hendro menyebutkan bahwa dua faktor tersebut memiliki pengaruh besar terhadap penawaran yang diajukan. Dengan menjalankan dua hal itu, harga jual kembali mobil Anda tetap terjaga.

Sementara itu, jenis kendaraan multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV), seperti Toyota Avanza hingga Honda CR-V masih menjadi pilihan terpopuler masyarakat ketika membeli mobil bekas.

Country Head Carsome Indonesia Delly Nugraha mengatakan bahwa sepanjang tahun berjalan, dominasi penjualan mobil bekas dipegang oleh mode MPV dan SUV kompak ataupun ladder frame.

“MPV itu kayak Avanza, Xpander dan Livina itu banyak yang minat. Lalu, dari SUV itu yang model kompak ada HR-V, yang besaran dikit ada CR-V, Fortuner. Jadi, MPV dan SUV masih jadi primadona sampai saat ini,” ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (27/7/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Muhammad Khadafi
Terkini