Pemulihan Kelangkaan Cip Semikonduktor Tidak Rata

Bisnis.com,29 Jul 2021, 17:30 WIB
Penulis: Reni Lestari
Apple. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Pemenuhan rantai pasok chip semikonduktor tampak pada perusahaan-perusahaan seperti Tesla Inc. hingga McDonald's Corp. Namun, tidak semua perusahaan di sektor ini mengalami pemulihan yang sama.

Sementara itu pembuat chip seperti Qualcomm Inc. dan Advanced Micro Devices Inc. memberikan nada optimistis pekan ini, tetapi produk tertentu akan tetap langka untuk beberapa waktu mendatang. Oleh karena itu hal tersebut tetap menjadi pukulan bagi perusahaan seperti Apple Inc.

Adapun dengan beberapa pasokan semikonduktor yang semakin mendekati normal, mereka masih akan kekurangan komponen yang dibutuhkan untuk melengkapi perangkat teknologi yang kompleks.

Apple mengatakan bahwa kekurangan akan berkontribusi pada tingkat pertumbuhan yang lebih rendah pada kuartal ini dan bisa jadi lebih buruk.

Sementara itu, Samsung Electronics Co, pemasok utama layar kelas atas untuk raksasa Cupertino, memperingatkan bahwa kekurangan komponen dapat mempengaruhi pengiriman ke pelanggan dalam beberapa bulan mendatang.

"Sulit untuk mendapatkan seluruh rangkaian suku cadang," kata Chief Executive Officer Tim Cook selama panggilan konferensi, dilansir Bloomberg, Kamis (29/7/2021).

Masalahnya bermuara pada interkoneksi di antara perangkat. Bahkan prosesor Apple M1 yang paling canggih pun tidak dapat bekerja sendiri.

Perangkat modern bergantung pada banyak sekali bagian yang berbeda, beberapa hanya seharga sen. Kekurangan komponen yang biasa-biasa saja sebagai pengatur daya dapat membuat produksi barang bernilai ribuan dolar terhenti.

Kurangnya suku cadang juga mengganggu ketersediaan komputer Surface Microsoft Corp. dan memperlambat pertumbuhan pasar PC secara umum, kata perusahaan itu. CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa kekurangan chip komputer akan membatasi tingkat pertumbuhan pembuat mobil untuk sisa tahun ini.

Namun, masih ada banyak kabar baik minggu ini. Meskipun telah diguncang oleh kekurangan chip, Ford Motor Co. mengatakan bahwa harga mobil yang lebih tinggi telah membantu mengimbangi penurunan penjualan karena kekurangan tersebut.

Qualcomm, pembuat chip smartphone terbesar, memperkirakan peningkatan material dalam pasokan pada akhir tahun. AMD juga memberikan perkiraan optimistis, menunjukkan bahwa perusahaan akan memenangkan pangsa pasar dari Intel Corp. dalam chip server.

Namun, CEO Lisa Su memperingatkan bahwa akan ada kekurangan komponen yang menimpa komputer pribadi.

"Kami memang melihat beberapa tingkat kendala, tetapi kami membuat kemajuan setiap kuartal,” kata Su dari AMD.

Masalah yang tersisa adalah pembuat chip memiliki insentif yang jauh lebih sedikit untuk berinvestasi dalam produksi jenis semikonduktor yang lebih sederhana. Produk semacam itu memiliki harga rendah, dan dibuat menggunakan peralatan yang sudah tua.

Bahkan jika perusahaan memutuskan untuk membelanjakan lebih banyak untuk produksi, membangun dan melengkapi pabrik dapat memakan waktu bertahun-tahun.

Bagi pelanggan, skenario yang membuat frustrasi ini tidak akan segera hilang. Elon Musk mengatakan minggu ini bahwa berbagai chip telah membingungkan perusahaan dengan menjadi bagian paling lambat dalam rantai pasokannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Muhammad Khadafi
Terkini