HUT RI ke-76, KBRI Paris Promosikan Produk Kreatif Indonesia di Prancis

Bisnis.com,03 Agt 2021, 15:21 WIB
Penulis: Ni Luh Anggela
KBRI Paris Promosikan Produk Kreatif Indonesia di Prancis

Bisnis.com, JAKARTA – Erlina Doho, seorang pelukis asal Indonesia yang menetap di Prancis pada Kamis (29/7/2021) lalu mengajarkan cara membatik kepada masyarakat Paris di tengah dekorasi hutan tropis yang rindang di Merci-Beyond pada kegiatan Batik Demonstration.
 
Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian acara promosi Merci-Beyond Bali.  Merci-Beyond Bali adalah acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus mendatang.  Acara ini berlangsung selama satu bulan penuh, mulai tanggal 21 Juli hingga 22 Agustus 2021.
 
Pengunjung dari berbagai kalangan yang dating ke toko Merci tertarik untuk mencoba menggambar menggunakan canting dan malam di atas potongan kain blacu. Sylvain, salah satu pengunjung mengungkapkan sangat kagum dengan para pembatik.
 
“Ternyata tidak mudah menggambar dengan canting. Saya kagum para pembatik bisa menghasilkan motif yang sangat cantik, berbeda dengan motif yang ada di Prancis. Saya ingin membeli kain batik tulis asli,” katanya, seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (3/8/2021).
 
Aneka produk kreatif Indonesia didatangkan langsung dari Indonesia untuk acara promosi Merci-Beyond Bali. Produk fashion, busana, aksesoris dan pernak-pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan dari 28 brands dengan bertuliskan ‘Made in Indonesia’ ditampilkan di toko Merci, yang didekor menyerupai hutan tropis.
 
Kerjasama dengan toko Merci ini adalah upaya KBRI Paris untuk mempromosikan produk kreatif Indonesia dengan mekanisme kolaborasi berdasarkan pada consumer base. Kerjasama serupa telah dilakukan pula dengan Christian Dior, My Little Warung dan Ithemba. Para kolaborator diberikan kebebasan untuk memilih  produk yang sesuai dengan selera pelanggannya, dan mendatangkan sendiri barangnya dengan pengurusan impor secara mandiri.
 
Toko Merci adalah sebuah concept store yang sudah ada dejak Maret 2009 yang terletak di daerah Haut-Maris. Toko Merci menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fashion dan peralatan rumah tangga berkualitas premium. Toko Merci dikunjungi oleh sekitar 1,5 juta pengunjung setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini