Ekonomi Kuartal II/2021 Tumbuh 7,07 Persen, Ini Kata Erick Thohir

Bisnis.com,06 Agt 2021, 15:58 WIB
Penulis: Rinaldi Mohammad Azka
Tampilan layar menampilkan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan saat Pelepasan Jelajah BUMN 2021 #BUKANJAGOKANDANG di Jakarta, Kamis (29/7/2021). Jelajah BUMN Bukan Jago Kandang diharapkan dapat memberi informasi bagi masyarakat luas mengenai apa saja yang sudah dan akan dilakukan perwakilan BUMN Indonesia di luar negeri. Termasuk, apa saja potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk membuka peluang yang lebih luas. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian BUMN menyambut positif pertumbuhan ekonomi Indonesia yang naik hingga 7,07 persen pada kuartal II/2021. Optimisme kebangkitan ekonomi disebut sudah terjadi dalam keseharian masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan keseharian di masyarakat terus muncul optimisme yang dibangun. Dia sempat bertemu beberapa orang yang tetap optimistis menjalankan roda ekonomi Indonesia.

"Saya bertemu pak Bromo nasabah KUR Bank BRI, pak Bromo penjual pisang goreng ini bisa survive dengan berjualan secara online," ujarnya, Jumat (6/8/2021).

Hasil berbagai kolaborasi, pemerintah, swasta, masyarakat, UMKM terang Erick, tergambar dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan kebangkitan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Arah pemulihan ekonomi sudah berjalan di jalur tepat, tak hanya belanja pemerintah tapi juga sinergi dari berbagai lainnya," urainya.

Namun, Erick mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah tetap harus waspada karena faktor varian virus delta Covid-19 punya penularan cepat dan mutasi varian baru dapat menjadi disrupsi bagi sektor ekonomi yang terus terpengaruh selama pandemi Covid-19.

Menurutnya, laju menuju Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh, masih sangat bergantung fase pertama yakni Indonesia Sehat. Berbagai upaya seperti 5M dan 3T tetap harus dijalankan.

BPS melaporkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia mengalami perbaikan yang positif pada periode Maret-Juni 2021. Pada kuartal II/2021, BPS mencatat perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen secara tahunan.

Adapun, dibandingkan dengan kuartal I/2021, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif sebesar 3,31 persen. Kemudian, secara kumulatif pada Januari-Juni 2021 juga tumbuh sebesar 3,1 persen jika dibandingkan dengan semester I/2020.

Pada kuartal II, perekonomian Indonesia yang diukur dari besaran PDB atas dasar harga berlaku Rp4.175,8 triliun, sedangkan harga konstan PDB Rp2.772,8 triliun.

Dengan demikian pertumbuhan pada kuartal 2 2021 secara kuartalan, kalau dibandingkan dengan kuartal 1/21, perekonomian Indonesia tumbuh 3,31 persen, sementara secara yoy, perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini