Konten Premium

PPKM Level 4 Efektif? Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19 di Luar Jawa-Bali!

Bisnis.com,07 Agt 2021, 17:07 WIB
Penulis: Rezha Hadyan
Sejumlah bocah bermain dengan latar belakang gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Kamis (8/7/2021). Pemerintah merevisi target pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 dari semula 4,3-5,3 persen menjadi 3,7-4,5 persen karena dipengaruhi adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali guna menekan lonjakan penularan COVID-19./ANTARA FOTO-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Penurunan kasus aktif nasional yang dilaporkan oleh pemerintah pekan ini dinilai tak menggambarkan situasi pandemi Covid-19 yang sebenarnya di Tanah Air lantaran proses pemeriksaan atau testing yang dilakukan masih belum merata.

Menurut Inisiator gerakan Kawal Covid-19 Elina Ciptadi, menurunnya angka kasus aktif nasional yang dilaporkan pekan ini tak terlepas dari penurunan signifikan kasus aktif di DKI Jakarta. Dia menyebut selama ini laporan hasil testing dari provinsi tersebut masih mendominasi laporan testing nasional.

"Sepertiga dari seluruh tes PCR [polymerase chain reaction] di Indonesia terjadi di Jakarta. Jadi, kalau kondisi di Jakarta membaik, Indonesia pun tampak membaik," katanya, Kamis (5/8/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ropesta Sitorus
Terkini