Luhut Kenang Kisahnya dengan Chevron 

Bisnis.com,08 Agt 2021, 22:34 WIB
Penulis: Muhammad Ridwan
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ternyata memiliki kenangan dengan Chevron yang telah mengelola Blok Rokan hampir seabad lamanya.

Luhut mengungkapkan, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang dulu dikenal sebagai Caltex bukan merupakan perusahaan yang asing baginya. Luhut menuturkan, puluhan tahun lalu, ayahnya menjadi orang Indonesia pertama yang disekolahkan Caltex ke Amerika Serikat.

"Hal ini tentunya memperlihatkan komitmen CPI dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia nasional sejak dulu," ungkap Luhut dalam buku 97 Tahun Jejak Panjang Chevron di Indonesia yang dikutip pada Minggu (8/8/2021).

Luhut menuturkan kehadiran CPI juga telah memberikan sumbangan penting bagi perkembangan ekonomi nasional secara umum dan tentunya secara khusus untuk Provinsi Riau.

Dari kegiatan operasional CPI, Pekanbaru dan Dumai menjadi 2 dari 15 kota terbesar di luar Jawa berdasarekan skala ekonomi apabila merujuk data produk domestik regional bruto (PDRB) yang dirilis Badan Pusat Statistik pada 2020.

"Keberadaan operasi migas yang dikelola CPI tentunya menjadi pemicu pembangunan perekonomian Riau serta mendorong perkembangan usaha lokal masyarakat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Nurhadi Pratomo
Terkini