Faktor Ini Diprediksi Bikin Harga Ethereum Melesat

Bisnis.com,08 Agt 2021, 13:27 WIB
Penulis: Lorenzo Anugrah Mahardhika
Mata uang crypto Ethereum Emas pada dolar AS/ANTARA-Shutterstock/pri.

Bisnis.com, JAKARTA – Harga salah satu aset kripto, Ethereum, berpotensi terus menguat seiring dengan kehadiran penguatan ekosistem blockchain.

Berdasarkan keterangan resmi dari Zipmex Indonesia, Minggu (8/8/2021), berbagai kabar positif saat ini menopang penguatan pada pasar kripto. Beberapa di antaranya adalah mulai meluasnya adopsi Bitcoin, kemunculan perusahaan reksa dana Bitcoin di AS, hingga kehadiran acara Ethereum London Hard Fork.

London Hard Fork adalah salah satu event yang dinanti-nanti oleh pegiat aset kripto. Pembaruan dalam jaringan blockchain Ethereum ini dinilai akan memberikan perubahan yang signifikan, terutama dari segi efisiensi.

“London Hard Fork merupakan salah satu alasan tingginya minat investor membeli aset ini. Tidak heran, Ethereum sempat melesat mencapai All Time High 
(ATH) atau harga tertinggi sepanjang masa di angka Rp62.842.869,79 pada Mei lalu ketika kabar London Hard Fork mulai dirilis ke publik,” demikian kutipan keterangan resmi tersebut.

Kemajuan tersebut diyakini akan membawa Ethereum mencapai titik ATH terbarunya. Laman Longforecast menuliskan bahwa prediksi bahwa Ethereum akan mencapai angka US$5.670 pada Oktober 2021.

Terkait hal tersebut, Raymond Sutanto, Co-Founder Zipmex Indonesia mengatakan potensi penguatan masih sangat terbuka. Pasalnya, kehadiran Ethereum London Hard Fork akan memicu pergerakan pasar yang kuat terhadap aset ETH di Zipmex.

Ia menjelaskan. setelah Ethereum London Hard Fork, akan ada beberapa kelebihan yang ditemukan investor dalam jaringan Ethereum. Mulai dari waktu transaksi yang lebih cepat, biaya yang tidak volatil, dan turunnya kemacetan transaksi.

Selain itu, kapasitas jaringan juga jadi lebih besar hingga dua kali lipat. Kelebihan-kelebihan ini yang menjadi penggerak sentimen positif Ethereum di Zipmex. Ada kemungkinan bahwa Ethereum akan menjadi aset yang paling banyak diperdagangkan di Zipmex sepanjang Agustus 2021.

“Hal ini karena investor sangat antusias dan menanti setiap perubahan yang terjadi dalam jaringan aset kripto terbesar nomor dua di dunia tersebut,” jelasnya.

Adapun, Ethereum London Hard Fork akan memperkuat ekosistem dalam blockchain dan mematangkan berbagai fitur yang ada di dalamnya seperti smart-contract, decentralized finance (DeFi), decentralized apps (dApps), hingga NFT. Pembaruan ini juga akan membuat Ethereum mengalami deflasi karena pemnbatasan pasokan sehingga harga jadi lebih tinggi.

Pembaruan tersebut juga membuat biaya transaksi dalam jaringan (gas fee) akan menjadi lebih mudah diprediksi dan tidak volatil. Saat ini, jaringan Ethereum mengharuskan investor untuk membayar biaya transaksi kepada penambang. Biaya yang dikenakan biasanya bervariasi berdasarkan banyaknya transaksi yang sedang terjadi dan jumlah penambang yang tersedia.

Para penambang biasanya mengambil keuntungan dengan menggembungkan jaringan secara artifisial - melalui proses pengiriman Ethereum antar dompet - sehingga mereka menerima biaya transaksi yang lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hafiyyan
Terkini