Harga Kopi Dunia Terus Melesat, tapi Mengapa Konsumen Tak Terlalu Peduli?

Bisnis.com,10 Agt 2021, 13:38 WIB
Penulis: Farid Firdaus
Cafelatte/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – harga secangkir kopi terus naik, dan sepertinya tidak banyak konsumen yang peduli.

Melansir Bloomberg pada Selasa (10/8/2021), harga biji arabika telah meningkat 50 persen dalam 12 bulan terakhir, mencapai level tertinggi tujuh tahun pada Juli 2021 setelah kekeringan dan kerusakan akibat embun beku di negara produsen utama Brasil dan menandakan pasokan dunia yang ketat selama setidaknya dua tahun.

Reli harga terjadi karena biaya pengiriman yang tinggi dan kekurangan kontainer pengiriman terus mengguncang rantai pasokan global, menekan margin dan meningkatkan kekhawatiran inflasi.

Banyak bisnis yang menghadapi pilihan yang sulit, yakni antara menaikkan harga atau beralih ke biji yang lebih murah.

Lalu, apa kabar baiknya?

Peminum kopi cenderung telah kecanduan sehingga konsumsinya tidak akan banyak merugikan, terutama dengan permintaan yang masih belum pulih dari pandemi.

Minuman ini adalah bagian penting dari rutinitas harian [konsumen], dibutuhkan banyak hal untuk mengubah kebiasaan minum kopi mereka," kata Darren Seifer, analis industri makanan dan minuman di firma riset NPD Group. Pelanggan terbiasa dengan harga yang berfluktuasi, tambahnya.

Tahun ini, konsumsi kopi global diperkirakan meningkat menjadi 168,8 juta karung 60 kilogram, menurut Rabobank International, naik dari 164,8 juta karung pada periode sebelumnya.

Pasar dunia diperkirakan akan berkembang pada tingkat tahunan gabungan sebesar 9 persen selama tiga tahun ke depan menjadi "lebih dari US$400 miliar," kata Starbucks.

Di Asia, pasar kopi yang tumbuh paling cepat, mencatat konsumsi akan meningkat berkat pendapatan yang lebih besar dan budaya kafe yang berkembang di China, India, dan Indonesia, menurut Fitch Solutions.

Permintaan kopi tidak sepenuhnya tak tergoyahkan. Sebab, pandemi membawa penurunan pertama sejak 2011.

Menurut analis Rabobank Guilherme Morya. ketika harga kopi yang lebih tinggi tahun ini dapat mengekang rebound pascapandemi, namun konsumsi tidak akan turun.

Harga harus naik di atas US$4 per pound untuk mulai mengurangi konsumsi, menurut Sterling Smith, direktur penelitian pertanian di AgriSompo Amerika Utara. Sampai saat itu, konsumen yang sensitif terhadap harga mungkin mencari kafe yang lebih murah atau membuat lebih banyak kopi di rumah.

Dampaknya akan berbeda menurut wilayah, kata Vanusia Nogueira, direktur Asosiasi Kopi Spesial Brasil. Konsumen di negara-negara produsen seperti miliknya cenderung lebih sensitif terhadap harga, katanya, sementara peminum kopi di tempat-tempat kaya seperti Eropa dan AS tidak terlalu terpengaruh.

Sudah ada peralihan ke biji robusta yang lebih murah di Brasil, menurut Rabobank.

Untuk perusahaan seperti Starbucks, biji kopi mewakili sebagian kecil dari biaya keseluruhan dibandingkan dengan tenaga kerja dan sewa. Namun, rantai kafe terbesar di dunia mengatakan mereka merasakan tekanan inflasi.

Harga akan menjadi salah satu dari banyak pengungkit yang kami gunakan untuk mengimbangi hambatan ini,” kata Starbucks. Perusahaan juga mendorong konsumen untuk membeli barang-barang yang lebih mahal seperti makanan dan minuman dingin.

CEO Nestle Mark Schneider mengatakan, premiumisasi dan titik harga yang lebih tinggi memberi opsi untuk produl Nespresso dan Nescafe. "Kalau perlu, kami akan menaikkan harga," katanya.

Beberapa bisnis mungkin mencoba taktik seperti lebih sedikit isi ulang gratis atau mengurangi berat paket tanpa mengubah harga, kata Judy Ganes, presiden J. Ganes Consulting.

Untuk kedai kopi yang lebih kecil, membebankan lebih banyak mungkin lebih mudah daripada mengubah rasa cangkir harian pengunjung setia.

“Beberapa pelanggan kami telah minum [campuran kami] selama bertahun-tahun. Jika kita mengubahnya, mereka akan menyadarinya,” kata Marissa Crocetta, manajer di Toko Kopi Aljazair London, yang telah menjual kopi sejak 1887.

Budaya Kafe

Data Tradingeconomics menunjukkan, per 10 Agustus 2021, kopi arabika berjangka turun ke US$1,7 per pound dari level tertinggi hampir 7 tahun di US$2,07 yang dicapai pada 26 Juli karena kekhawatiran mereda atas dampak cuaca buruk di tiga wilayah pertumbuhan terbesar Brasil, Paraná, Sao Paulo dan Minas Gerais.

Namun, harga naik 12 persen selama Juli dan lebih dari 55 persen dalam 12 bulan terakhir setelah kekeringan baru-baru ini memangkas produksi 2021 dan permintaan untuk mesin di rumah dan minuman instan telah tumbuh sementara kafe menyambut kembali pelanggan

Lantaran budaya kafe, konsumsi kopi global pun diperkirakan akan melebihi produksi tahun ini untuk pertama kalinya sejak 2017, menurut United States Department of Agriculture (USDA).

Adapun di Indonesia, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan target produksi kopi nasional 2021 sebesar 834.750 ton, naik dari 2020 sebanyak 769,7 ribu ton.

Sementara itu, pengelola gerai Starbucks di Indonesia, PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) tercatat meraih penjualan Rp1,18 triliun  hingga semester I/2021, atau naik 23 persen dari penjualan Rp959,79 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

MAPB berhasil menekan rugi periode berjalan yang diatribusikan ke pemilik entitas induk menjadi Rp20,07 miliar dari sebelumnya rugi Rp114,75 miliar.

Selama pandemi, manajemen MAPB fokus pada pemasaran online dan omni channel di samping memaksimalkan efisiensi biaya dan produktivitas karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farid Firdaus
Terkini