DPMPD Kaltim Catatkan Realisasi 100 Persen Penyaluran Dana Desa ke 841 Desa

Bisnis.com,12 Agt 2021, 19:48 WIB
Penulis: M. Mutawallie Sya’rawie
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN –- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim mencatat penggunaan Dana Desa terealisasi 100 persen di 841 desa se Kaltim.

Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin menyatakan realisasi tersebut berupa pemberian bantuan masker, penyemprotan disinfektan, hingga pembuatan posko penanggulangan Covid-19 desa.

"Alhamdulillah sudah 100 persen penggunaan Dana Desa, untuk alokasi 8 persen di Kaltim. Ini sebagai wujud komitmen Pemprov Kaltim bersama perangkat di desa-desa menangani Covid-19," ujarnya yang dikutip dari Humas Kaltim, Kamis (12/8/2021).

Dia menjelaskan, penggunaan Dana Desa untuk penanganan Covid-19 sesuai peraturan perundang-undangan meliputi dua hal, yaitu mengalokasikan anggaran minimal 8 persen dari total pagu Dana Desa untuk kegiatan penanganan Covid-19 dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

"Melalui bantuan ini, kita berharap penyebaran dan penularan virus Covid berkurang di hulunya atau di desa-desa," jelasnya.

Dia menambahkan, progres penyaluran BLT Dana Desa, sudah tersalurkan hingga tahap 6 dari 7 kabupaten se Kaltim, bahkan sudah ada yang menerima penyaluran tahap 9, yakni Kabupaten Berau dan Kabupaten Mahakam Ulu.

“Artinya kepastian pelaksanaan dan pemanfaatan alokasi DD dari pusat untuk penanganan Covid-19 di Benua Etam betul-betul dilaksanakan sesuai ketentuan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini