Perusahaan Ini Terapkan Program Inspiratif di Masa PPKM untuk Pekerja

Bisnis.com,13 Agt 2021, 08:51 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Ilustrasi ppkm

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan produktivitas karyawannya, Sampoerna berinisiatif menghadirkan kelas inspiratif yang melibatkan karyawan dan keluarganya.

Adapun sejumlah program yang disiapkan oleh Sampoerna untuk karyawan diantaranya Employee Assistance Program yakni program yang memberi akses ke psikolog profesional untuk mendukung kesehatan mental karyawan dan keluarga.

Kedua, Parental Support Facilities yang merupakan program untuk memberikan dukungan aktivitas edukasional bagi anak-anak karyawan yang berusia 1-10 tahun. Ada pula Employee Leisure Activities yaitu program aktivitas virtual untuk karyawan seperti kelas memasak, yoga, Zumba, dan lainnnya. Program lainnya adalah I&D Talks yakni platform inklusif bagi karyawan untuk mendiskusikan isu wellbeing (kesejahteraan) dan mendapatkan solusi praktisnya.

Direktur Sampoerna Elvira Lianita mengatakan, keterlibatan keluarga dalam kegiatan karyawan menjadi penting karena dari sanalah karyawan memperoleh semangat dalam menjalankan aktivitas dan kewajiban dalam bekerja. “Harapannya, karyawan dapat terus berperan aktif dalam program yang disiapkan oleh perusahaan dan kelak dapat menginspirasi lingkungan sekitarnya,” kata Elvira.

Sampoerna juga memberikan berbagai dukungan untuk menjaga kesehatan karyawan antara lain dengan menyediakan paket vitamin atau suplemen sebagaimana direkomendasikan oleh para ahli medis dalam jumlah yang wajar untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu pemberian paket sanitasi standar seperti penggunaan hand sanitizer, tisu pembersih basah yang mengandung alkohol (alcohol wipes) dan/atau masker, akses ke fasilitas dan akomodasi yang didedikasikan khusus untuk keperluan isolasi mandiri, akses ke penyedia jasa konsultasi kesehatan jarak jauh (teleconsultation) atau perawatan rumah (homecare), dan sebagainya.

“Kami bersyukur program yang kami hadirkan dapat memberikan manfaat lebih untuk karyawan dan keluarganya. Kami yakin dengan program inspiratif ini juga dapat menstimulus semangat para karyawan, meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan kami. Karena kami percaya bahwa kunci untuk terlepas dari kesulitan saat ini adalah dengan bergerak dan bangkit bersama,” tambahnya.

Dia menambahkan, Sampoerna juga terus berkomitmen menerapkan protokol kesehatan, bahkan lebih ketat dari sebelumnya. Sampoerna membagi protokol kesehatan bagi karyawan dalam beberapa bagian. Pertama, sebelum berangkat kerja karyawan diwajibkan melakukan analisa risiko kesehatan mandiri. Pada bagian ini, perusahaan membagikan thermometer kepada karyawan untuk cek suhu tubuh secara mandiri dan hanya karyawan dengan risiko rendah-sedang yang dapat berangkat kerja.

Kedua, memasuki area pabrik. Karyawan akan dicek suhu tubuh menggunakan kamera thermal dengan batas suhu 37,3°C, melewati area penyemprotan cairan antiseptik, mencuci tangan, dan memakai masker yang diganti setiap empat jam. “Perusahaan juga menghimbau agar karyawan menjaga kebugaran tubuh dengan olah raga ringan atau berjemur minimal 30 menit setiap hari dan menyediakan vitamin/susu/makanan sehat,” terang Elvira.

Ketiga, selama di area pabrik. Perusahaan menerapkan jaga jarak minimal 1 meter, mewajibkan karyawan memakai masker ganda, dan area produksi di desain ulang menjadi sistem unit kecil dengan partisi yang ditempati tidak lebih dari 40 karyawan. Selain itu, penyemprotan disinfektan di lokasi produksi beserta fasilitas umum seperti kantin, toilet, musholla, loker, koperasi, mesin ATM, dan sebagainya setiap 2 jam.

Sampoerna juga menerapkan karantina produk minimal lima hari atau dua kali lipat dari ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian Penyakit Eropa (European CDC). Selain itu, perusahaan terus menggencarkan edukasi dan disiplin perilaku hidup bersih dan sehat, bukan hanya kepada karyawan tetapi juga pada jaringan ritel distribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini