CMA CGM Group Buka Depot Peti Kemas di Cakung, Kapasitas 4.000 TEUs

Bisnis.com,20 Agt 2021, 11:30 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa
Kapal CMA CGM Tage bersandar di dermaga JICT. Kapal ini menjadi salah satu kapal yang melayani pelayaran langsung Jakarta-Los Angeles. /Bisnis-Rivki Maulana

Bisnis.com, JAKARTA — CMA CGM Group, membuka depot peti kemas keempat dan terbesar di Cakung, Jakarta dengan kapasitas lebih dari 4.000 TEUs kontainer.

Presiden Direktur CMA CGM John Lim menjelaskan dengan menempati lahan seluas 35.000 meter persegi dengan kapasitas lebih dari 4.000 TEUs kontainer. 

"Depot di Cakung merupakan tambahan terbaru dari tiga depot CMA CGM lainnya di Marunda, Cikarang, dan Surabaya. Dengan fasilitas Depot di Marunda yang beroperasi pada kapasitas penuh, pembukaan depot Cakung yang baru sejalan dengan permintaan ekspor Indonesia yang terus meningkat," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (20/8/2021).

Dia menjelaskan Indonesia identik dengan hasil bumi antara lain kertas dan karet, serta manufaktur garmen, alas kaki, dan produk elektronik yang dikirimkan oleh CMA CGM yang dikemas dengan rapi di berbagai depotnya.

"Depot CMA CGM menangani lebih dari sekadar pengisian, pembersihan dan perbaikan peti kemas serta inspeksi pra-perjalanan, pra-pendinginan peti kemas dan layanan pemantauan reefer. Kami mengkhususkan diri dalam mengubah dan melengkapi kontainer standar menjadi kontainer yang disesuaikan seperti kontainer Garment on Hanger yang menjaga pakaian dalam kondisi bersih dari pabrik ke toko," imbuhnya.

Depot CMA CGM juga memiliki keahlian dalam memasang perangkat Traxens pada kontainer untuk visibilitas dari ujung ke ujung oleh pengirim dan Flexitank dalam kontainer untuk pengangkutan cairan seperti minyak ikan dari Indonesia.

Mengingat jarak depot di Cakung yang dekat dengan gudang industri di sekitarnya, waktu tempuh dan jarak antar fasilitas dapat berkurang secara signifikan. Konsumen kini memiliki dua opsi depot di Jakarta yang dapat mereka andalkan untuk kebutuhan logistik dan pengiriman.

Menurutnya depot baru di Cakung dirancang untuk meningkatkan layanan logistik darat dan mengoptimalkan pengiriman. Adanya permintaan yang tinggi, CMA CGM juga menangani kargo yang lebih disesuaikan seperti kontainer Garment on Hanger dan Flexitank untuk cairan yang memerlukan penanganan khusus.

Adapun CMA CGM Group yang dipimpin oleh Rodolphe Saadé, melayani lebih dari 420 pelabuhan di 5 benua di seluruh dunia. Armada Grup yang terdiri dari 561 kapal mengangkut hampir 21 juta TEU (Twenty-foot Equivalent Unit) peti kemas pada tahun 2020.

Dengan anak perusahaan CEVA Logistics, penyedia logistik kelas dunia yang membawa 400.000 ton angkutan udara dan 2,8 juta ton angkutan darat setiap tahun, dan CMA CGM Air Cargo, CMA CGM Group terus berinovasi untuk menawarkan kepada pelanggannya layanan ujung ke ujung yang memberikan peningkatan kinerja melalui solusi pengiriman, darat, angkutan udara, dan logistik yang inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Muhammad Khadafi
Terkini