Raih Pendanaan, Valuasi Carsome Tembus US$1,3 Miliar

Bisnis.com,01 Sep 2021, 18:05 WIB
Penulis: Janlika Putri Indah Sari
Ilustrasi pencarian mobil di Carsome. /Carsome

Bisnis.com, JAKARTA – Carsome Group (Carsome), platform e-commerce mobil terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara, mengumumkan penutupan putaran pendanaan Seri D2 senilai US$170 juta. Hal ini membawa valuasi perusahaan menjadi US$1,3 miliar dan memperkuat posisinya sebagai unikorn teknologi terbesar Malaysia.

Carsome Co-Founder and Group CEO, Eric Cheng membeberkan jika putaran pendanaan terbaru memungkinkan Carsome untuk mempercepat pertumbuhan organiknya dalam bisnis ritel dan pembiayaan mobil.

“Kami merasa sangat terhormat dan bersemangat dengan kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh para investor,” kata Eric dalam keterangan resmi, Rabu (1/9/2021).

Eric juga telah bersiap untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi sembari meluncurkan platform e-commerce mobil yang terintegrasi di Asia Tenggara. Platform tersebut telah diperkuat dengan berbagai kekuatan dalam ekosistem.

Selain itu, angka penutupan Seri D2 ini juga dilengkapi dengan fasilitas kredit terbaru sebesar US$30 juta, sehingga total dana yang terkumpul Carsome menjadi US$200 juta. Pendanaan itu nantinya akn memperkuat strategi M&A serta mendorong bisnis ritel dan bisnis pembiayaan lebih jauh lagi.

Putaran Seri D2, investasi ekuitas terbesar dalam sejarah Carsome, merupakan hasil partisipasi dari salah satu dana investasi terbesar milik negara di kawasan ini dan berbagai investor internasional baru.

Putaran pendanaan terbaru Carsome tersebut akan memperkuat fokus strategisnya pada pertumbuhan dan perluasan model business-to-consumer (B2C).

Pada tahun ini saja, Carsome telah membuka setidaknya tujuh pusat ritel B2C yang dikenal dengan Carsome Experience Center di Malaysia, Indonesia dan Thailand dengan beberapa lagi yang sedang dalam proses untuk dibuka tahun ini.

Carsome juga telah membuka pusat rekondisi kendaraan pertamanya di Malaysia untuk menambah rangkaian layanan ritel dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap mobil-mobil bertanda Carsome Certified.

Suntikan pendanaan juga memperkuat layanan Carsome dalam hal pembiayaan mobil bagi pembeli dan dealer mobil bekas. Selain berbagai produk pembiayaan yang dimiliki, Carsome juga baru saja meluncurkan pendanaan mobil bagi para lulusan perguruan tinggi di Malaysia yang biasanya kesulitan dalam mendapatkan persetujuan pinjaman dari bank konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini
'