Persi: Butuh Sinergi Pemerintah dan Swasta untuk Capai Herd Immunity

Bisnis.com,02 Sep 2021, 17:12 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi COVID-19 bagi para pelajar di SMAN 1 Beber, Kabupaten Cirebon, Jabar, Selasa (31/08/2021). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr).

Bisnis.com, JAKARTA – Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) menilai untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) tidak lagi bisa hanya mengandalkan pemerintah, melainkan swasta juga harus makin aktif terlibat.

Sekretaris Jenderal Persi Lia G. Partakusuma mengatakan peran sektor swasta dalam mendukung akses vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat menjadi lebih fleksibel, karena jumlahnya yang lebih mendominasi.

“Rumah sakit di Indonesia ada cukup banyak yaitu 3.029 unit dengan 18 asosiasi yang tergabung dengan PERSI. Adapun, 60 persen merupakan Rumah Sakit Swasta,” kata Lia lewat diskusi virtual, Kamis (2/9/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan saat ini vaksinasi Covid-19 merupakan strategi untuk mengendalikan laju penyebaran Covid-19 dan mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Menurutnya, peran swasta mampu mempercepat target Indonesia untuk mencapai kekebalan kelompok karena dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di seluruh daerah.

Dia melanjutkan, pelakunya bisa dari RS Swasta atau BUMN, Perusahaan Swasta, Institusi pendidikan swasta, organisasi alumni sekolah, hingga organisasi sosial dan keagamaan.

Namun, dia berharap agar perusahaan swasta dan BUMN dapat memberikan secara gratis vaksinasi kepada karyawannya dan turut membantu dengan target populasi vaksinasi yang lebih jelas.

“Ada kebutuhan di titik ujung provinsi di mana setiap pelosok dibutuhkan kehadiran sentra vaksinasi di sana dan memiliki rantai dingin yang perlu digalakkan agar herd immunity dapat segera dicapai. Ini bisa dilakukan swasta,” ujanrya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini