Diresmikan Jokowi, Ini Manfaat Bendungan Way Sekampung di Lampung

Bisnis.com,02 Sep 2021, 16:03 WIB
Penulis: Aprianus Doni Tolok
Bendungan Way Sekampung di Lampung, salah satu proyek PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung, pada Kamis (2/9).

“Alhamdulillah, Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016, hari ini telah selesai dan siap difungsikan,” kata Jokowi dikutip dari YouTube Setpres, Kamis (2/9/2021).

Lebih lanjut, bendungan yang dibangun dengan biaya Rp1,78 triliun ini memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektare.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa bendungan ini multifungsi yaitu sebagai irigasi, menyediakan air baku, pembangkit listrik hinga pengendalian banjir.

“Bendungan ini juga mampu mengairi 55.000 hektare daerah irigasi eksisting dan 17.500 hektare daerah irigasi baru,” ujarnya.

Bendungan Way Sekampung juga diharapkan dapat menyediakan air baku sebanyak 2.737 liter per detik hingga menjadi sumber pembangkit listrik 5,4 megawatt.

Bendungan ini juga akan menyuplai air ke salah satu lumbung pangan nasional sehingga harus dijaga keberlanjutannya.

"Dengan adanya bendungan ini, intensitas tanam juga bisa ditingkatkan dari semula dua kali setahun menjadi tiga kali setahun. Artinya, produksi dipastikan akan meningkat dan kesejahteraan petani juga ikut meningkat. Ini harapan kita," ujar Jokowi.

Dia pun meminta kepada seluruh bupati di daerah yang terkait bendungan ini untuk melakukan pengawasan dan memastikan kemanfaatannya bisa dirasakan secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini