17 Bendungan Baru Diresmikan, Mayoritas Terjadi di Semester II/2021

Bisnis.com,07 Sep 2021, 15:47 WIB
Penulis: Andi M. Arief
Ilustrasi Bendungan Sidan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengejar target peresmian bendungan pada semester II/2021. Targetnya, pemerintah mampu meresmikan 17 bendungan hingga akhir tahun ini.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah meresmikan tujuh bendungan hingga saat ini. Nantinya, akan ada peresmian delapan bendungan lainnya setiap bulan hingga Desember 2021.

“Artinya, bidang pertanian akan ketambahan pasokan air dan kami harapkan itu akan meningkatkan produktivitas dari para petani,” kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Bendo, Selasa (7/9/2021).

Ketujuh bendungan yang telah diresmikan adalah Bendungan Tukul, Tapin, Napun Gete, Sindang Heula, Kuningan, Way Sekampung, dan Bendo.

Adapun, Bendungan Tukul, Tapin, Napun gete, dan Kuningan diresmikan pada semester I/2021 dan merupakan bendungan yang seharusnya diresmikan pada 2019 dan 2020.

Pada RPJMN 2020–2024, Bendungan Tapin, Tukul, dan Napun Gete rampung pada 2020. Sementara itu, Bendungan Sindang Heula seharusnya diresmikan pada 2019.

Dengan kata lain, seluruh bendungan yang dijadwalkan rampung pada tahun ini akan diresmikan pada semester II/2021. Rinciannya, jumlah bendungan yang diresmikan pada akhir kuartal III/2021 adalah tiga unit, yakni Bendungan Way Sekampung, Bendo, dan Paselloreng.

Mayoritas bendungan baru yang akan diresmikan pada kuartal IV/2021, yakni Bendungan Karalloe, Ladongi, Bintang Bano, Ciawi, Sukamahi, Tugu, Gongseng, Pidekso, dan Margatiga.

Desember 2021 pun akan menjadi bulan dengan peresmian bendungan terbanyak tahun ini, yakni empat bendungan.

Di sisi lain, proses pengisian air atau impounding mayoritas bendungan baru akan dilakukan per September 2021. kelima bendungan tersebut adalah Bendungan Kuningan, Bendungan Paselloreng, Bendungan Way Sekampung, Bendungan Bintang Bano, dan Bendungan Bendo.

Secara total, pemerintah sedang membangun 44 bendungan yang terdiri atas 43 bendungan on-going dan 1 bendungan baru.

Angka tersebut lebih rendah dari yang dicanangkan pada awal 2021, yakni sebanyak 48 bendungan terdiri atas 43 bendungan on-going dan 5 bendungan baru.

Lima bendungan baru yang seharusnya dibangun tahun ini adalah Bendungan Mbay, Cibeet, Cijurey, Batu Lepek, dan Jenelata.

Adapun, pendanaan bendungan yang berasal dari rupiah murni adalah Bendungan Mbay, Cibeet, Cijurey, dan Batu Lepek, sedangkan pendanaan konstruksi Bendungan Jenelata berasal dari pinjaman luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Lili Sunardi
Terkini