Waspada, Mata Bengkak Bisa Jadi Ada Masalah pada Ginjal Anda

Bisnis.com,13 Sep 2021, 15:30 WIB
Penulis: Ni Luh Anggela
Ilustrasi mata bengkak

Bisnis.com, JAKARTA – Anda mungkin menganggap ginjal Anda berfungsi dengan baik, tetapi ada kemungkinan besar Anda tidak akan tahu jika ada sesuatu yang salah.
 
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kebanyakan orang yang memiliki penyakit ginjal kronis tidak terdiagnosis. Itu sebagian besar karena gejala kondisi ini tidak selalu terlihat. Itulah mengapa penting untuk mengetahui semua tanda, termasuk yang mungkin tersembunyi di depan mata Anda.
 
Mata bengkak bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal, kata Clara Lawson, MD, seorang dokter yang bekerja dengan USA Hemp. Melansir Best Life, Senin (13/9/2021), menurut Lawson, ginjal bertanggung jawab untuk menyaring bahan limbah dari tubuh kita, dan ketika mereka rusak, kemampuan mereka untuk melakukan tugas ini terganggu.
 
Dia menjelaskan, ketika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, kemampuan mereka untuk mempertahankan proses filtrasi berkurang, sehingga protein mulai bocor melalui urin alih-alih menyimpannya di dalam tubuh.
 
“Hilangnya protein dari tubuh mengakibatkan penyimpanan cairan dan mineral seperti kalsium dan fosfat di sekitar mata, yang kemudian menyebabkan bengkak di sekitar mata,” katanya.
 
Mata bengkak juga bisa menjadi tanda masalah lain yang kurang mengkhawatirkan, seperti stres, kurang tidur, atau alergi. Itulah mengapa penting untuk mengetahui ciri-ciri mata bengkak yang disebabkan oleh penyakit ginjal.
 
Menurut Lawson, mata Anda akan terlihat bengkak, kering, dan iritasi jika menunjukkan masalah pada ginjal Anda. Yuna Rapoport, MD, dokter mata bersertifikat dengan Manhattan Eye di New York City, mengatakan memperhatikan bahwa mata Anda sangat bengkak di pagi hari seringkali merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan ginjal Anda.
 
Menurut Rapoport, meskipun sering menjadi salah satu tanda awal penyakit ginjal, mata bengkak tidak mungkin menjadi satu-satunya gejala yang Anda alami. Dia mengatakan Anda mungkin melihat pembengkakan di tempat lain, seperti tangan dan kaki Anda.
 
Gejala non-pembengkakan lainnya termasuk kelelahan, nafsu makan berkurang, mual di pagi hari, perubahan warna urin atau urin berbusa, kulit kering atau gatal, otot kram, dan nyeri di punggung dan perut bagian bawah. Baik Lawson dan Rapoport mengatakan Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang penyakit ginjal jika Anda melihat gejala-gejala ini di samping mata bengkak.
 
“Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan ginjal Anda jika Anda telah mengamati mata bengkak dan gejala lain akhir-akhir ini untuk mendiagnosis masalah ginjal pada tahap awal.” kata Lawson.
 
Beberapa penyakit ginjal dapat diobati, tetapi diagnosis dini adalah satu-satunya hal yang akan mengurangi komplikasi, menurut Lawson.
 
Penyakit ginjal pada tahap awal dapat diobati, tetapi dia memperingatkan, jika ada penyakit ginjal yang mencapai stadium lanjut, itu bisa menjadi situasi yang mengancam jiwa Anda.
 
Menurut Mayo Clinic, penyakit ginjal kronis dapat mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh Anda, yang mengakibatkan konsekuensi jangka panjang yang serius. Ini termasuk penyakit jantung, komplikasi kehamilan, penurunan respon imun, dan anemia. Anda juga dapat mengalami kerusakan permanen pada ginjal Anda setelah penyakit berkembang cukup jauh tanpa pengobatan, mengharuskan Anda menjalani dialisis atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini