Hampir 2 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Karena Masalah Pekerjaan

Bisnis.com,18 Sep 2021, 12:28 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Ilustrasi/Canmua

Bisnis.com, JAKARTA - Angka kematian orang secara global akibat hal yang berkaitan dengan pekerjaan mencapai 1,9 juta pada tahun 2016.

Data itu, menurut perkiraan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Buruh Internasional (ILO).

Menurut Estimasi Bersama WHO/ILO tentang Beban Penyakit dan Cedera terkait Pekerjaan, 2000-2016: Laporan Pemantauan Global , sebagian besar kematian terkait pekerjaan disebabkan oleh penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Penyakit tidak menular menyumbang 81 persen dari kematian. Penyebab kematian terbesar adalah penyakit paru obstruktif kronik (450.000 kematian); stroke (400.000 kematian) dan penyakit jantung iskemik (350.000 kematian). Cedera kerja menyebabkan 19 persen kematian (360.000 kematian).

Studi ini mempertimbangkan 19 faktor risiko pekerjaan, termasuk paparan jam kerja yang panjang dan paparan tempat kerja terhadap polusi udara, asmagen, karsinogen, faktor risiko ergonomis, dan kebisingan. Risiko utama adalah paparan jam kerja yang panjang – terkait dengan sekitar 750.000 kematian. Paparan polusi udara (partikel, gas, dan asap) di tempat kerja bertanggung jawab atas 450.000 kematian.

“Sungguh mengejutkan melihat begitu banyak orang benar-benar terbunuh oleh pekerjaan mereka,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO dilansir dari website WHO.

"Laporan kami adalah panggilan untuk membangunkan negara dan bisnis untuk meningkatkan dan melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja dengan menghormati komitmen mereka untuk menyediakan cakupan universal layanan kesehatan dan keselamatan kerja."

Penyakit dan cedera yang berhubungan dengan pekerjaan membebani sistem kesehatan, mengurangi produktivitas dan dapat memiliki dampak bencana pada pendapatan rumah tangga, laporan tersebut memperingatkan.

Secara global, kematian terkait pekerjaan per populasi turun 14 persen antara tahun 2000 dan 2016. Ini mungkin mencerminkan peningkatan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, kata laporan itu. Namun, kematian akibat penyakit jantung dan stroke yang terkait dengan paparan jam kerja yang panjang masing-masing naik 41 dan 19 persen. Ini mencerminkan tren yang meningkat dalam faktor risiko pekerjaan yang relatif baru dan psikososial ini.

Laporan pemantauan global bersama WHO/ILO yang pertama ini akan memungkinkan para pembuat kebijakan untuk melacak kehilangan kesehatan terkait pekerjaan di tingkat negara, regional dan global. Hal ini memungkinkan pelingkupan, perencanaan, penetapan biaya, implementasi dan evaluasi intervensi yang lebih terfokus untuk meningkatkan kesehatan populasi pekerja dan kesetaraan kesehatan. Laporan tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak tindakan diperlukan untuk memastikan tempat kerja yang lebih sehat, lebih aman, lebih tangguh, dan lebih adil secara sosial, dengan peran sentral yang dimainkan oleh promosi kesehatan tempat kerja dan layanan kesehatan kerja.

Setiap faktor risiko memiliki serangkaian tindakan pencegahan yang unik, yang diuraikan dalam laporan pemantauan untuk memandu pemerintah, dengan berkonsultasi dengan pengusaha dan pekerja. Misalnya, pencegahan paparan jam kerja yang panjang memerlukan kesepakatan tentang batas maksimum waktu kerja yang sehat. Untuk mengurangi paparan polusi udara di tempat kerja, dianjurkan untuk mengontrol debu, ventilasi, dan alat pelindung diri.

“Perkiraan ini memberikan informasi penting tentang beban penyakit terkait pekerjaan, dan informasi ini dapat membantu membentuk kebijakan dan praktik untuk menciptakan tempat kerja yang lebih sehat dan lebih aman,” kata Guy Ryder, Direktur Jenderal ILO. “Pemerintah, pengusaha, dan pekerja semuanya dapat mengambil tindakan untuk mengurangi paparan faktor risiko di tempat kerja. Faktor risiko juga dapat dikurangi atau dihilangkan melalui perubahan pola dan sistem kerja. Sebagai upaya terakhir, alat pelindung diri juga dapat membantu melindungi pekerja yang pekerjaannya berarti mereka tidak dapat menghindari paparan.”

“Hampir 2 juta kematian dini ini dapat dicegah. Tindakan perlu diambil berdasarkan penelitian yang tersedia untuk menargetkan sifat ancaman kesehatan terkait pekerjaan yang terus berkembang,” kata Dr. Maria Neira, Direktur Departemen Lingkungan, Perubahan Iklim dan Kesehatan di WHO. “Memastikan kesehatan dan keselamatan di antara pekerja adalah tanggung jawab bersama dari sektor kesehatan dan tenaga kerja, karena tidak ada pekerja yang tertinggal dalam hal ini. Dalam semangat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, kesehatan dan tenaga kerja harus bekerja sama, bergandengan tangan, untuk memastikan bahwa beban penyakit yang besar ini dihilangkan.”

“Standar perburuhan internasional serta alat dan pedoman WHO/ILO memberikan dasar yang kuat untuk menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja yang kuat, efektif, dan berkelanjutan di berbagai tingkat. Mengikuti mereka akan membantu secara signifikan mengurangi kematian dan kecacatan ini,” kata Vera Paquete-Perdigao, Direktur Departemen Tata Kelola dan Tripartit di ILO.

Sejumlah besar kematian terkait pekerjaan yang tidak proporsional terjadi pada pekerja di Asia Tenggara dan Pasifik Barat, dan pria serta orang yang berusia di atas 54 tahun.

Laporan tersebut mencatat bahwa total beban penyakit terkait pekerjaan kemungkinan jauh lebih besar, karena kehilangan kesehatan dari beberapa faktor risiko pekerjaan lainnya masih harus dihitung di masa depan. Selain itu, efek pandemi COVID-19 akan menambah dimensi lain pada beban ini yang akan ditangkap dalam perkiraan di masa mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini