Vaksinasi Terbukti Mampu Pulihkan Penderita Long Covid-19

Bisnis.com,01 Okt 2021, 18:26 WIB
Penulis: Rahmad Fauzan
Tenaga medis berkomunikasi menggunakan walkie-talkie saat merawat pasien positif Covid-19 di ruang isolasi Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020)./Antararnrn

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah penelitian menyebutkan penderita long Covid-19 yang telah divaksin pulih lebih cepat dibandingkan yang belum divaksin.

Mengutip unggahan di laman Instagram resmi dr. Adam Prabata, Jumat (1/10/2021), penderita long Covid-19 yang sudah divaksinasi berhasil pulih sepenuhnya dibandingkan yang belum divaksinasi (Tran, 2021).

"Penelitian terbaru menunjukkan penderita long Covid-19 yang divaksinasi ternyata mampu meningkatkan kemungkinan pulih sepenuhnya," tulisnya seperti dikutip Bisnis, Jumat (1/10/2021).

Sebagaimana diketahui, orang dengan long Covid-19 dapat terus mengalami keluhan seperti perasaan tidak nyaman dan mengganggu kualitas hidup hingga berbulan-bulan dan bahkan lebih dari 1 tahun.

Dia menjelaskan penderita long Covid-19 yang sudah divaksinasi lebih banyak yang merasakan penurunan gejala dan derajat keparahannya dibandingkan dengan penderita yang belum divaksinasi.

Adapun, kualitas hidup penderita long Covid-19 yang sudah divaksinasi dibandingkan dengan yang sudah divaksinasi.

Selain itu, penderita long Covid-19 yang sudah divaksinasi dan mengalami keluhan long Covid-19 yang tidak dapat ditoleransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini