Teknologi Digital Solusi Akselerasi Pertumbuhan Usaha di Tengah Pandemi

Bisnis.com,07 Okt 2021, 14:08 WIB
Penulis: Dea Andriyawan
Pakar transformasi digital & tata kelola teknologi informasi Umar Alhabsyi

Bisnis.com, BANDUNG - Adaptasi pelaku usaha terhadap situasi dan kondisi pandemi Covid-19 untuk memulihkan perekonomian mutlak harus dilakukan.

Pasalnya, jika terus memaksakan cara konvensional dalam melakukan usaha, rasanya akan sulit mengakselerasi pertumbuhan bisnis.

Pada pandemi Covid-19 ini, berakibat pada pembatasan aktivitas masyarakat dan juga telah merenggut mata pencaharian jutaan orang di Indonesia. Dikarenakan pembatasan aktivitas, banyak perusahaan yang harus gulung tikar karena kesulitan mendapatkan penghasilan.

Jumlah pengunjung yang mendatangi tempat usahanya terus berkurang sedangkan pegawai harus tetap dibayar. Semakin lama kondisi pembatasan kegiatan maka akan semakin sulit bagi sebuah usaha yang mengandalkan lalu lintas kontak fisik untuk bisa bertahan.

Bagi dunia usaha, tak ada pilihan lain untuk bisa bertahan kecuali beradaptasi dengan kondisi pandemi ini. Salah satunya adalah mengadopsi teknologi digital untuk kegiatan bisnisnya. Karena teknologi ini dapat menjadi solusi terhadap keterbatasan masyarakat dalam berinteraksi.

Padahal, kebutuhan masyarakat berbagai komoditas tetap ada. Hanya saja karena adanya keterbatasan akses dan mobilitas menjadikan konsumen dan penjual sulit bertemu.

Oleh karenanya, dengan memanfaatkan teknologi digital, maka penyedia dapat tetap memperoleh penghasilan, sementara masyarakat tetap dapat memperoleh komoditas yang dibutuhkannya.

Hal ini disampaikan pula oleh pakar transformasi digital & tata kelola teknologi informasi Umar Alhabsyi yaitu mengenai keharusan adopsi teknologi digital dalam menyikapi situasi seperti saat ini.

“Peran teknologi internet dan digital dapat membantu usaha dari berbagai skala, mulai dari efisiensi proses internal hingga kemudahan pelayanan terhadap para pelanggannya. Teknologi ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh yang besar-besar saja, tapi usaha kecil dan menengah juga sangat terbuka jalannya. Salah satu tantangan yang timbul berikutnya adalah dengan perubahan pola bisnis ke arah digital ini juga menuntut peningkatan skill dan kompetensi dari para pelakunya," kata Umar, Kamis (7/10/2021).

Sementara itu keterbatasan interaksi masyarakat di era pandemi ini juga menuntut transformasi digital pula pada dunia pendidikan dan pelatihan. Bagaimana bisa mempertemukan antara pihak yang memiliki kompetensi ilmu yang dibutuhkan dengan yang membutuhkan tanpa harus berinteraksi secara tatap muka.

Melihat kondisi tersebut, PT Millennia Solusi Informatika berusaha memberikan kemudahan dengan membuat platform pelatihan online yang diberi nama Wakool Academy. Diharapkan platform Wakool Academy ini dapat menjadi jembatan emas antara pihak-pihak yang kompeten dengan pihak-pihak yang membutuhkan kompetensi dengan cepat, mudah, harga terjangkau, serta dapat diakses kapanpun dibutuhkan.

Melalui Wakool Academy, pelatihan online dari berbagai kategori seperti pemasaran, digital marketing, pemrograman, manajemen dan berbagai kategori lainnya bisa diakses dengan mudah dari rumah. Cukup unduh aplikasinya atau buka melalui website https://wakool.academy/ dan berbagai pilihan pelatihan online yang disediakan oleh berbagai mentor yang berpengalaman dapat dipilih.

Sebelum memutuskan akan mengambil kelas yang mana, calon peserta bisa melihat beberapa materi yang disediakan secara gratis di kelas tersebut, sehingga bisa lebih yakin bahwa kelas tersebut cocok dengan yang dibutuhkan.

Selain itu, konten yang telah dibeli dari Wakool Academy dapat diakses selamanya dan peserta akan mendapatkan sertifikat digital ketika selesai mengikuti paket pelatihan yang diikuti. Sehingga ketika suatu saat memerlukan review kembali materi tersebut, bisa dilakukan kembali kapan saja tanpa ada batasan waktu.

Peserta juga bisa memperoleh pelatihan mengenai cara membuat toko online dari nol dan bisa memasarkan produknya dengan mudah secara online sehingga bisa terus menjalankan bisnis walau dalam kondisi serba terbatas seperti saat ini.

Jika peserta sudah memiliki toko online, peserta juga bisa mempelajari cara memaksimalkan iklan di Google agar bisnisnya semakin banyak pelanggan.

"Bagi orang tua yang bingung untuk aktivitas anak yang produktif di rumah bisa menggunakan pelatihan online belajar coding untuk anak yang ada di Wakool Academy. Selain kelas berupa video online, Wakool Academy juga meenyediakan live class atau live webinar untuk yang ingin mengikuti pelatihannya secara live online (interaktif)," jelasnya.

Khusus bagi pengguna baru, Wakool Academy memberikan promo potongan harga sebesar 70% untuk semua kelas video online. Sehingga berbagai kelas bisa diperoleh dengan harga yang sangat murah, mulai dari belasan ribu rupiah saja.

Selain itu secara berkala akan diadakan potongan harga ataupun promo berupa voucher dan juga berbagai event berhadiah untuk siswa yang telah mendaftar. Selain menguntungkan bagi calon siswa, Wakool Academy juga memberikan keuntungan dan kesempatan besar bagi calon mentor.

"Bagi yang memiliki skill dan pengalaman yang bisa dibagikan melalui pelatihan online dapat mendaftar ke Wakool Academy dan membuat kelas pelatihan online Anda sendiri," pungkasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini