Tips Investasi untuk Trader Pemula dari Ellen May: Jangan Serakah!

Bisnis.com,07 Okt 2021, 12:27 WIB
Penulis: Annisa Saumi
Ellen May, Founder dan CEO Emtrade/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2020 menjadi momentum kebangkitan bagi investor pemula di pasar saham Indonesia. Di tahun 2020, jumlah investor saham mencapai 1,68 juta Single Investor Identification (SID) atau naik 53 persen dari posisi akhir 2019.

CEO dan Co Founder Emtrade Ellen May mengatakan, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh investor pemula di pasar saham.

"Tantangan investor pemula ketika investasi saham sebenarnya serakah ya. Ketika saham mulai naik dan seperti tahun 2020 kemarin, banyak orang melihat cuannya saja, ingin cepat kaya," kata Ellen, Kamis (7/10/2021).

Selain itu, investor pemula juga gampang mengikuti arus dan pendapat orang lain. Menurut Ellen, sah-sah saja jika seseorang memiliki pendapatnya tentang suatu saham. Yang salah, menurutnya adalah orang-orang yang mengikuti pendapat tersebut tanpa belajar lebih lanjut.

"Jadi tantangannya kurangnya kemauan untuk belajar," ujar dia.

Dia menyarankan investor pemula untuk memperbaiki mindset, yakni dengan cara tidak menjadikan pasar saham sebagai jackpot uang.

Ellen melihat pasar saham merupakan instrumen investasi yang bisa memberikan return secara konsisten. Dengan demikian, sebelum investor pemula mengelola risiko, ada baiknya mengatur ekspektasi terlebih dahulu.

"Sebelum bicara skill, banyak pemula ini belajar analisis teknis. Tapi yang perlu disadari, benerin mindset-nya dulu. jangan jadikan pasar saham ini jadi jackpot uang," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farid Firdaus
Terkini