Satgas Covid-19: Lebih dari 1 Juta Orang Diperiksa 4 Pekan Terakhir

Bisnis.com,12 Okt 2021, 17:42 WIB
Penulis: Aprianus Doni Tolok
Calon penumpang berinisial HYF memarahi petugas Farmalab di Sky Bridge Bandara SMB II Palembang karena hasil tes antigen terhadap dirinya keliru, Minggu (31-5-2021). /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa jumlah testing konsisten mengalami peningkatan.

“Per tanggal 10 Oktober 2021, jumlah orang yang diperiksa dalam seminggu mencapai 1.203.873 orang,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (12/10/2021).

Wiku juga menyampaikan bahwa jumlah orang yang diperiksa selama 4 pekan berturut-turut diatas 1 juta per pekan.

Menurutnya, capaian tersebut merupakan perkembangan yang sangat baik sehingga kasus terkonfirmasi bisa dideteksi lebih dini.

Pemeriksaan yang dilakukan terhadap orang-orang tersebut adalah tes real time PCR, tes cepat molekular, dan tes Antigen.

Lebih lanjut, Wiku menyampaikan bahwa di Indonesia ada dua pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi kasus terkonfirmasi Covid-19.

Pertama, adalah deteksi materi genetik virus atau Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) yakni PCR dan tes cepat molekular.

Tes ini digunakan untuk pasien Covid-19, suspek, dan syarat tertentu pelaku perjalanan.

“Kedua adalah deteksi antigen, yang lebih sering digunakan sebagai skrining awalan maupun syarat beberapa aktivitas sosial ekonomu termasuk syarat perjalanan,” kata Wiku.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini