Konten Premium

Lika-liku Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB): Antara Beban dan Pencapaian

Bisnis.com,16 Okt 2021, 10:52 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa
Pekerja melintas di dekat Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019)./ANTARA-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) untuk bisa beroperasi pada 2022 bersamaan dengan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 masih belum lepas dari riak-riak persoalan.

Sejak awal dimulainya proyek ini memang sudah menuai kontra. Jika dicermati mundur ke belakang, proyek tersebut sempat mendapat pertentangan dari Menteri Perhubungan kala itu yang masih dijabat oleh Ignasius Jonan. Dampaknya, izin trase dari Kemenhub sempat terkatung-katung lantaran tak kunjung terbit.

Jonan menegaskan akan mendukung kereta cepat agar cepat terbangun jika semua dokumennya siap. Pada waktu itu, menurut Jonan, PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC belum sepakat dengan Kementerian Perhubungan dalam soal konsesi. Dia tak ingin mengulang kejadian di jalan tol, yakni pemegang konsesi tidak segera membangun jalan tol dan konsesi berlaku sejak pertama kali beroperasi dan pada akhirnya pemerintah tersandera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini