Konten Premium

Riuh Kicauan Siti Nurbaya Bakar, Deforestasi Hutan & Janji Jokowi di KTT Iklim

Bisnis.com,04 Nov 2021, 12:40 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Presiden Joko Widodo dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar meninjau kawasan hutan terbakar

Bisnis.com, JAKARTA – Hanya hitungan jam setelah Presiden Joko Widodo menandatangani komitmen menyetop deforestasi pada KTT Iklim COP26, publik dibuat bingung. Pemicunya tidak lain adalah pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Lewat cuitan utas di akun Twitter pribadinya yang bercentang biru, Rabu (3/11/2021) Siti menyebut ambisi Folu Net Carbon Sink 2030 tidak boleh diartikan nol deforestasi. Pasalnya jika menjadi zero deforestation itu menjadi langkah yang tidak tepat dan tidak adil bagi kepentingan nasional. Kata Siti, ambisi ini tidak sesuai dengan dinamika permasalahan yang ada di Indonesia.

“Pembangunan besar-besaran era Presiden Jokowi tidak boleh berhenti atas nama emisi karbon atau atas nama deforestasi. Menghentikan pembangunan atas nama zero deforestation sama dengan melawan mandat UUD 1945,” cuit Siti dalam penggalan dari utasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini