Kabar Baik, Daerah di Luar Jawa-Bali Bebas PPKM Level 4

Bisnis.com,09 Nov 2021, 09:24 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Anggota polisi memeriksa kendaraan yang akan melintas di lokasi penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Dumai, Riau, Sabtu (14/8/2021). Penyekatan PPKM Level IV di Dumai berlaku hingga 23 Agustus 2021 untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di daerah tersebut yang jumlah kasus harian sebanyak 64 orang dan jumlah kematian sebanyak 20 orang per minggu. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan kondisi kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali terus mengalami perbaikan. Meskipun demikian, pemerintah memutuskan kembali memperpanjang PPKM di luar Jawa-Bali pada 9-22 November 2021.

Dia menyebutkan, saat ini sudah tidak ada daerah di luar Jawa-Bali yang berada di PPKM Level 4.

"Dari 27 provinsi luar Jawa-Bali, tidak ada yang di level empat, kemudian tidak ada di level tiga, kita bicara provinsi," ujarnya dalam konferensi pers virtual, dikutip melalui Youtube Setpres, Selasa (9/11/2021).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini juga mengatakan, sebanyak 22 provinsi saat ini berada di PPKM level 2, dan lima provinsi berada di level 1 PPKM.

Adapun, untuk kabupaten/kota di luar wilayah Jawa-Bali, jumlah level 1 meningkat menjadi 151 daerah. Kemudian untuk kabupaten/kota di level 2 ada 231 daerah.

"Kemudian level 4 dan 3 terus menurun, tidak [kabupaten/kota] ada di level empat dan empat kabupaten di level 3," ujarnya.

Namun demikian, dia mengatakan dalam perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali pada periode 9—22 November 2021, pemerintah menambahkan kriteria level asesmen capaian vaksin yakni untuk capaian vaksin di bawah 50 persen dinaikkan satu level PPKM. Sehingga, kabupaten/kota yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan berubah level PPKM-nya.

Airlangga mengaku, ada 156 kabupaten/kota di level dua yang vaksinasinya masih di bawah 50 persen, sehingga dinaikan menjadi level tiga. Karena itu, total kabupaten/kota di level tiga kini menjadi 160 kabupaten kota.

"Kemudian di level dua itu totalnya ada 175 kabupaten/kota dan di level satu ada 51 kabupaten kota," ungkapnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini