PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Ini Daftar Daerah Status Level 1

Bisnis.com,09 Nov 2021, 12:25 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Anggota polisi memeriksa kendaraan yang akan melintas di lokasi penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Dumai, Riau, Sabtu (14/8/2021). Penyekatan PPKM Level IV di Dumai berlaku hingga 23 Agustus 2021 untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di daerah tersebut yang jumlah kasus harian sebanyak 64 orang dan jumlah kematian sebanyak 20 orang per minggu. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan peraturan teknis terkait dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali mulai 9—22 November 2021.

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 58 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian dan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatra, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dikutip dari salinan Inmendagri, pada Selasa (9/10) terdapat sejumlah daerah di luar Jawa-Bali yang memiliki status level 1 dan tersebar di 12 provinsi dari Aceh hingga Papua.

Untuk diketahui, daerah yang menerapkan PPKM Level 1 ini dianggap telah memenuhi syarat indikator dari organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO), di mana angka kasus konfirmasi positif Covid-19 harus kurang dari 20 orang per 100 ribu penduduk per minggu.

Selain itu, aturan lainnya adalah jumlah rawat inap di rumah sakit kurang dari 5 orang per 100 ribu penduduk dan kasus kematian kurang dari 1 orang per 100 ribu penduduk.

Selanjutnya, target cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi dosis pertama untuk lansia 60 persen.

Berikut daerah di luar Jawa-Bali yang memiliki status level 1:

1.Aceh

- Kota Banda Aceh.

2. Sumatra Utara

- Kabupaten Serdang Bedagai

- Kabupaten Batu Bara

- Kota Gunungsitoli

- Kota Binjai

- Kabupaten Nias

- Kabupaten Dairi

- Kota Sibolga

- Kabupaten Humbang Hasundutan

- Kabupaten Pakpak Bharat

- Kabupaten Samosir.

3.Kalimantan Tengah

- Kabupaten Pulang Pisau

4. Kalimantan Selatan

- Kabupaten Tanah Bumbu

5. Kalimantan Timur

- Kabupaten Kutai Kartanegara

6. Sulawesi Utara

- Kabupaten Minahasa Tenggara

7. Sulawesi Tengah

- Kabupaten Morowali

8.Sulawesi Tenggara

- Konawe Utara

9. Gorontalo

- Kabupaten Pohuwato

- Kabupaten Boalemo

- Kota Gorontalo

10. Maluku Utara

- Kabupaten Pulau Morotai

11. Papua

- Kabupaten Keerom

- Kabupaten Merauke.

12. Papua Barat

- Kabupaten Manokwari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini