Konten Premium

Mahar Murah Saham Bukopin (BBKP) & Komitmen Besar KB Kookmin

Bisnis.com,10 Nov 2021, 14:10 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Peluncuran nama dan logo PT KB Bukopin Tbk. (BBKP), Rabu (10/3/2021)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Susutnya modal inti dan membengkaknya kredit macet dalam setahun terakhir mendorong PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) menggagas rencana besar. Jelang tutup tahun, bank yang dikendalikan oleh Kookmin Bank asal Korea Selatan tersebut berencana menggalang dana tambahan lewat penerbitan saham baru dengan skema rights issue.

Sebagai perbandingan, pada 30 Juni 2020, modal inti tier 1 BBKP secara konsolidasi mencapai Rp7,8 triliun atau Rp7,06 triliun dihitung individual. Nilai ini susut menjadi Rp6,69 triliun secara konsolidasi dan menjadi Rp5,7 triliun secara individual.

Saat yang sama, rapor tengah tahun itu menunjukkan kredit bermasalah (NPL) gross mencapai 8,56 persen sedangkan NPL net 4,92 persen. Memburuk dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 5,25 persen dan 3,33 persen. Otoritas keuangan menetapkan, bank maksimal hanya memiliki kredit macet sebesar 5 persen. Kondisi di atas 5 persen akan membuat otoritas menilai bank dalam posisi kesulitan yang membahayakan kelangsungan usahanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini