Konten Premium

Prospek Saham XL Axiata (EXCL) & Konsensus Bloomberg di Tengah Konsolidasi Operator Seluler

Bisnis.com,11 Nov 2021, 13:29 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata./Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten seluler terus mencapai titik konsolidasi baru agar bisnis semakin efisien dan membukukan laba maksimal. Dalam konsolidasi yang terbaru Kementerian Komunikasi dan Informatika menyetujui merger dua operator telekomunikasi yakni PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia. Namun, frekuensi kedua operator telekomunikasi tersebut harus dipangkas dan dikembalikan ke pemerintah.

Saat yang berdekatan, PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN), operator telekomunikasi yang dikendalikan kelompok Sinar Mas meski belum melakukan konsolidasi dengan sesama operator telekomunikasi, namun perusahaan telah mempeluas cakupan bisnis dengan memperkuat bisnis data melalui akuisisi saham Motatelindo pada penghujung semester I/2021 lalu. Konsolidasi yang hampir serupa dilakukan Telkom Indonesia (persero) Tbk. (TLKM) untuk Telkomsel dan Mitratel.

Lalu, bagaimana dengan operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL)? Entitas ini terpantau terus berjibaku dalam persaingan perebutan pangsa pasar internet di Indonesia. Kendati masih terpaut jauh dari penguasa pangsa pasar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM), dalam beberapa bulan terakhir performa XL tak bisa dipandang remeh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini