Konten Premium

Ancang-Ancang IPO GoTo dan Kode Emtek hingga Aturan IPO Unicorn

Bisnis.com,16 Nov 2021, 19:00 WIB
Penulis: Asteria Desi Kartika Sari
Pekerja mengambil gambar pergerakan Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan ponselnya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (11/5/2020). Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pergerakan IHSG pada Senin (11/5/2020) berakhir di level 4.639,1 dengan penguatan sekitar 0,91 persen atau 41,67 poin dari level penutupan perdagangan sebelumnya. ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Tren aksi penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) perusahaan teknologi diyakini akan makin meningkat pada tahun depan. Apalagi setelah Bukalapak.com (BUKA), sejumlah unicorn hingga decacorn antre untuk menjajal peruntungannya di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI).

Salah satu rencana IPO yang paling dinanti-nanti saat ini adalah entitas gabungan dari Gojek dan Tokopedia alias GoTo. Entitas gabungan tersebut dikabarkan sedang bersiap untuk menjadi perusahaan terbuka guna meningkatkan modal atau mengizinkan investor awal untuk memonetisasi kepemilikan mereka. Jika IPO terlaksana, maka GoTo diproyeksikan bakal meraup dana yang lebih besar dibandingkan Bukalapak yang lebih dulu melantai.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi mengenai nilai wajar saham apabila GoTo jadi melakukan IPO. Namun, sejumlah analis memperkirakan valuasi Gojek dan Tokopedia setelah merger mencapai US$40 miliar atau sekitar Rp570 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini