Konten Premium

PeduliLindungi Siap Jadi Aplikasi Sapu Jagat, Siapa Diuntungkan?

Bisnis.com,17 Nov 2021, 07:23 WIB
Penulis: Asteria Desi K.S. & Leo Dwi Jatmiko
Warga menggunakan aplikasi PeduliLindungi di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/8/2021). Kementerian Perhubungan menyatakan penerapan aplikasi PeduliLindungi?untuk perjalanan transportasi di moda darat, laut, udara dan perkeretaapian akan dilaksanakan secara serentak mulai hari ini untuk menekan penyebaran COVID-19./ANTARA FOTO-Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana besar dimiliki oleh pemerintah dalam mengembangkan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut tampak disiapkan menjadi aplikasi sapu jagat atau aplikasi super (super apps) untuk sektor kesehatan.

Adapun selama ini aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk pendaftaran vaksinasi, penerbitan sertifikat vaksin, eHAC untuk syarat perjalanan, integrasi dengan bukti tes Covid-19, hingga barcode scan untuk mendeteksi lokasi, dan prasyarat memasuki area publik.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Bisar Pandjaitan menginginkan aplikasi tersebut dapat dikembangkan menjadi alat pembayaran digital. Apalagi, Indonesia juga telah berhasil menggarap alat pembayaran digital melalui QRIS yang digagas oleh Bank Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini
'