Konten Premium

Korupsi Ancam Kualitas Pendidikan Indonesia

Bisnis.com,22 Nov 2021, 20:56 WIB
Penulis: Indra Gunawan
Siswa SD Inpres Yosiba mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (17/11/2021). Kemendikbud menggelar ANBK sebagai program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app.

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil kajian Indonesia Corruption Watch (ICW) mengungkap, bahwa korupsi mengancam kualitas pendidikan Indonesia. Negara merugi Rp1,6 triliun dari korupsi di sektor pendidikan sepanjang 2016-September 2021.

ICW mencatat terdapat 240 korupsi pendidikan yang ditindak aparat penegak hukum dalam waktu enam tahun terakhir. Angka tersebut diyakini jauh lebih besar lantaran terdapat kasus yang hingga kini belum diketahui besaran kerugiannya.

“Jika ditarik mundur sejak 2006, terdapat 665 kasus korupsi pendidikan yang ditindak aparat penegak hukum dengan kerugian negara mencapai Rp2,905 triliun,” ujar Almas Sjafrina, Koordinator Divisi Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi ICW dalam diskusi publik bertajuk ‘Pendidikan di Tengah Kepungan Korupsi’ dikutip dari Youtube ICW, Senin (22/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini