Hasil Indonesia Open 2021: Dua Ganda Putri Indonesia ke Perempat Final

Bisnis.com,25 Nov 2021, 13:37 WIB
Penulis: Newswire
Ekspresi Greysia Polii/Apriyani Rahayu /Twitter BWF

Bisnis.com, JAKARTA - Ganda putri Greysia Polii / Apriyani Rahayu berhasil menyingkirkan juniornya Fitriani / Yulia Yosephine Susanto pada putaran kedua Indonesia Open 2021, Kamis (25/11/2021). Greysia / Apriyani lolos ke babak perempat final setelah meraih kemenangan dalam pertarungan dua gim dengan skor 21-10 dan 21-15.

Bermain di lapangan dua Bali International Convention Center, Greysia / Apriyani yang berstatus sebagai unggulan kedua mampu diimbangi oleh Fitriani / Yulia. Perolehan angka kedua pasangan terus imbang hingga 3-3.

Rally panjang berakhir dengan pengembalian Fitriani yang keluar lapangan menjadi momentum Greysia / Apriyani membuka jarak. Mereka meraih tiga angka beruntun hingga unggul 6-3.

Keunggulan tiga angka itu bertahan hingga skor 10-7. Sambaran Greysia Polii di depan net tak mampu dikembalikan Yulia Yosephine Susanto sehingga interval gim pertama ditutup dengan skor 11-7.

Usai jeda, Fitriani / Yulia memangkas ketertinggalan menjadi satu angka saja. Sayangnya upaya mereka untuk membuat skor imbang digagalkan smash keras Apriyani Rahayu yang gagal dikembalikan Fitriani.

Greysia / Apriyani bahkan meraih sembilan angka beruntun dan meraih game point dengan skor 20-10. Kegagalan Yulia mengembalikan kok dari Apriyani Rahayu menutup gim pertama dengan skor 21-10.

Fitriani / Yulia memberikan perlawanan lebih ketat pada gim kedua. Mereka unggul dengan meraih tiga angka awal sebelum kok berpindah tangan.

Greysia / Apriyani mampu memperkecil ketertinggalan menjadi satu angka namun kok kembali berpindah tangan. Jarak dua angka itu bertahan hingga skor 7-5. Fitriani / Yulia memperbesar keunggulan setelah tiga kali serangan smash-smash mereka gagal dikembalikan Greysia Apriyani, skor 10-5.

Setelah berhasil merebut kok, Greysia / Apriyani berhasil menipiskan ketertinggalan menjadi 10-8. Netting menyilang Fitriani membuat kok kembali berpindah tangan sekaligus menutup interval gim kedua dengan skor 11-8.

Usai jeda, Greysia / Apriyani bangkit. Mereka sempat menipiskan ketertinggalan menjadi satu angka saja, namun sayangnya sambaran Greysia Polii di depan net keluar sehingga skor menjadi 12-10.

Skor kembali imbang pada posisi 12-12 setelah pengembalian kok Yulia terlalu keras sehingga keluar lapangan permainan. Setelah itu Greysia / Apriyani berbalik unggul 15-12.

Fitriani / Yulia tak mampu mengejar perolehan angka pasangan perebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu. Mereka hanya sempat menipiskan ketertinggalan hingga satu angka saja sebelum Greysia / Apriyani melesat dan meraih match point pada skor 20-15.

Kombinasi smash keras yang dilepaskan Apriyani Rahayu dan Greysia Polii pun mengakhiri pertandingan dengan skor 21-15.

Ganda putri muda Febriana Dwipuji Kusuma / Amalia Cahaya Pratiwi juga melangkah ke perempat final Indonesia Open 2021. Mereka mengalahkan unggulan kelima asal Malaysia Pearly Tan / Thinaah Muralithran dalam pertarungan tiga gim dengan skor 14-21, 22-20 dan 21-17.

Bermain di lapangan satu Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Febriana / Amalia terus tertinggal pada gim pertama. Tan / Thinaah memulai pertandingan dengan meraih tiga angka awal dan baru dapat disamakan pada skor 4-4.

Setelah skor 5-5, pasangan Malaysia itu meraih lima angka beruntun. Mereka pun merebut interval gim pertama dengan skor 11-6.

Usai jeda, Febriana / Amalia hanya mampu memperkecil ketertinggalan hingga satu angka saja pada skor 12-11. Setelah itu mereka hanya sesekali merebut kok dan akhirnya menyerah 14-21.

Tan / Thinaah juga mampu mengawali gim kedua dengan apik. Mereka sempat unggul 8-2. Febriana / Amalia yang tak mau meneyerah berhasil menyamakan kedudukan dengan meraih enam angka beruntun.

Setelah itu, pertandingan pun berjalan dengan lebih ketat. Febriana / Amalia sempat kembali dua kali tertinggal sebelum berbalik unggul pada skor 16-14. Tan / Thinaah yang ingin mengakhiri pertandingan dengan dua gim langsung menyamakan kedudukan dengan meraih dua angka beruntun.

Skor imbang terus terjadi hingga 19-19. Tan / Thinaah sempat merebut match poin namun berhasil digagalkan oleh Febriana / Amalia. Mereka bahkan berbalik meraih gim point setelah pengembalian Thinaah keluar lapangan. Smash keras dari Amalia Cahaya Pratiwi mengakhiri gim kedua dengan skor 22-10 sekaligus membuat perebutan tiket perempat final Indonesia Open 2021 harus melalui gim ketiga.

Febriana / Amalia mengawali gim ketiga dengan apik setelah merebut dua poin secara beruntun. Tan / Thinaah memberikan perlawanan dengan menahan pasangan Indonesia itu untuk terus membuka jarak.

Skor pun imbang 3-3 setelah satu smash Amalia dinyatakan keluar lapangan. Kedua pasangan silih berganti meraih angka, skor imbang pun terus terjadi hingga 6-6. Tan / Thinaah berbalik unggul setelah meraih dua angka beruntun.

Kesalahan servis Thinaah dan Sambaran Febriana di depan net membuat skor kembali imbang 8-8. Dua kali drop shot dari Thinaah dan Tan yang mengecoh Febriana / Amalia akhirnya menutup interval gim penentuan dengan skor 11-9.

Usai jeda, jarak dua angka itu terjaga hingga skor 13-11. Pengembalian Amalia yang menyangkut di net membuat pasangan Malaysia semakin membuka jarak.

Thinaah melakukan kesalahan yang sama sehingga kok berpindah tangan. Dua kesalahan Thinaah berikutnya membuat skor kembali imbang 14-14, sayangnya smash Pearly Tan membuat kok kembali berpindah tangan.

Febriana / Amalia tak membiarkan pasangan Malaysia itu unggul jauh. Mereka terus menyamakan kedudukan hingga skor 16-16.

Febriana / Amalia berbalik unggul 19-17. Smash Amalia Cahaya Pratiwi yang mengarah tepat ke badan Pearly Tan memberikan match point dengan skor 20-17.

Pertandingan sempat terhenti karena Thinaah mendapatkan perawatan di pergelangan kaki kanannya. Dia terkilir saat mencoba mengembalikan kok dari Febriana Dwipuji Kusuma.

Servis yang dilepaskan oleh Febriana sempat dibiarkan oleh Tan / Thinaah dan dinyatakan keluar oleh wasit. Challenge yang dilakukan oleh Febriana / Amalia mengubah keputusan itu hingga menutup pertandingan dengan skor 21-17.

Hasil itu membuat Indonesia memastikan dua wakil pada partai perempat final nomor ganda putri Indonesia Open 2021. Selain Febriana Dwipuji Kusuma / Amalia Chaya Pratiwi, ganda putri Greysia Polii / Apriyani Rahayu juga telah memastikan tiket ke delapan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini