Konten Premium

Jalan Panjang Menuju Perdamaian di Bumi Cenderawasih

Bisnis.com,27 Nov 2021, 17:00 WIB
Penulis: Rezha Hadyan
Penari membawakan tarian nusantara pada Upacara Penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.rn

Bisnis.com, JAKARTA - Pergantian pucuk pimpinan TNI nampaknya memberi pengaruh cukup besar terhadap penanganan masalah keamanan di Papua. Masalah yang berlarut-larut dan menimbulkan banyak korban, termasuk dari kalangan sipil itu kembali mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Setelah sekian lama memerangi kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan pendekatan yang cenderung represif, pemerintah mulai serius mengubah pendekatan tersebut. Tentu saja, upaya tersebut dilakukan agar masyarakat Papua tak lagi dibayangi oleh rasa ketakutan akibat konflik bersenjata yang berpotensi membahayakan mereka.

Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM Mahfud MD menyatakan pemerintah akan menggunakan pendekatan berbeda dari sebelumnya dalam penanganan masalah keamanan di Papua. Adapun, pendekatan baru yang dimaksud adalah pendekatan berbasis pembangunan kesejahteraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini