5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Anda Terapkan agar Keuangan Sehat

Bisnis.com,01 Des 2021, 14:04 WIB
Penulis: Tresia
Ilustrasi mengatur keuangan atau financial planning/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki kondisi keuangan sehat menjadi salah satu target atau resolusi tahun baru yang diingat banyak orang. Berikut 5 kebiasaan sederhana yang bisa Anda terapkan agar keuangan tetap sehat.

Kondisi Keuangan yang sehat bisa ditandai dengan memiliki gaji yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meski memiliki penghasilan yang cukup tinggi, tentu Anda harus tetap memperhatikan kondisi keuangan.

Banyak hal yang dilakukan setiap hari dilakukan karena kebiasaan, termasuk cara memilih untuk membelanjakan uang. Kebiasaan belanja yang buruk dapat membawa Anda ke dalam masalah keuangan. Di sisi lain, kebiasaan keuangan yang sehat dapat membantu Anda membelanjakan lebih bijak dan menabung cukup untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Persiapan untuk menjaga kestabilan keuangan sangat dibutuhkan. Pasalnya, masalah yang Anda hadapi dapat mempengaruhi kondisi keuangan.

Simak 5 kebiasaan sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mencapai kondisi keuangan sehat seperti dilansir dari situs Bankertrust, Rabu (1/12/2021).

1. Kurangi Pengeluaran Emosional

Anda mungkin tergoda untuk menemukan kesenangan dalam membeli barang-barang baru atau menghabiskan waktu untuk pengalaman yang menyenangkan. Perlu diingat, terlalu banyak pengeluaran emosional ini dapat menggagalkan anggaran Anda dan menciptakan masalah lebih besar.

Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk menekan pengeluaran emosional? Pertama, tetapkan anggaran. Jika anggaran Anda memungkinkan, tetapkan jumlah yang akan dibelanjakan baik mingguan atau bulanan.

Hal ini berlaku untuk produk dan pengalaman yang tidak perlu, tetapi ingin Anda nikmati. Menetapkan batas tertentu membantu mencegah berlebihan.

Selanjutnya, Anda bisa membuat daftar belanjaan. Berkeliaran tanpa tujuan di mall atau e-commerce bisa membuat Anda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

2. Tinjau Transaksi Secara Teratur

Apakah Anda sering mendaftar aplikasi yang menerapkan uji coba gratis dan sudah Anda lupakan? Jika iya, biaya untuk berlangganan tersebut mungkin muncul di laporan mutasi bank bulanan Anda. Rata-rata, orang Amerika menghabiskan US$350 setahun untuk langganan yang tidak mereka gunakan.

Untuk mencegah kebocoroan tersebut, luangkan waktu setiap bulan untuk meninjau transaksi keuangan Anda. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi langganan yang tidak Anda gunakan atau butuhkan, serta pengeluaran lain yang dapat dihindari, seperti denda keterlambatan.

3. Jual Barang yang Tidak Digunakan

Banyak orang sering merasa bersalah lantaran mengumpulkan barang-barang yang tidak digunakan, misalnya mainan dan pakaian anak yang sudah kekecilan, barang olahraga, aneka hobi, atau perlengkapan elektroik.

Menjual barang yang tidak lagi Anda butuhkan dapat mengosongkan lebih banyak ruang dalam anggaran Anda. Anda bisa menjual barang preloved tersebut melalui e-commerce atau forum hobi di Facebook.

4. Gunakan Metode Autodebet

Cara mudah untuk menyimpan sebagian dari penghasilan Anda untuk tujuan tertentu, seperti membeli mobil atau membayar biaya sekolah anak, dengan menerapkan autodebet.

Metode ini memungkinkan Anda untuk transfer bulanan ke rekening tabungan lain dengan tujuan yang lebih spesifik. Anda dapat mengatur sumber rekening, jumlah uang, dan tanggal autodebet setiap bulan.

Selain tabungan bank, metode autodebet juga bisa Anda terapkan untuk membeli produk reksa dana. Dengan demikian, uang tabungan Anda pun aman dan tidak digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

5. Mulai berinvestasi

Sama seperti autodebet tabungan, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah menjaga diri Anda di masa depan dengan berinvestasi untuk masa pensiun dan kebutuhan masa depan lainnya.

Salah satu cara untuk mulai berinvestasi, yaitu mulai berkontribusi pada rencana pensiun. Selain itu, Anda juga berinvestasi di properti, reksa dana, saham, atau bahkan aset kripto.

Perlu diingat, di setiao perjalanan keuangan hampir selalu ada ruang untuk perbaikan. Saat Anda sedang berupaya meningkatkan disiplin keuangan, jangan lupa untuk sesekali meninjau tujuan Anda, misalnya untuk melunasi utang, menabung untuk uang muka rumah, membeli mobil baru, atau membayar uang kuliah anak.

Meninjau progres dan tujuan Anda dapat memotivasi Anda untuk terus menerapkan kebiasaan keuangan yang sehat.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini