Hati-Hati! Tiga Gunung Berapi di Indonesia Ini Berstatus Siaga

Bisnis.com,08 Des 2021, 10:52 WIB
Penulis: Aprianus Doni Tolok
Arsip - Gunung Merapi saat terlihat meluncurkan lava pijar dari Turi, Sleman, Yogyakarta, Minggu (25/4/2021)./Antara-Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, JAKARTA — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis laporan kondisi terkini gunung berapi di Indonesia per Rabu (8/12).

Dalam laporannya, PVMBG mencatat ada tiga gunung api yang kini berstatus Siaga atau Level 3 dan 11 gunung berlevel 2 atau Waspada. Sementara itu, Gunung Semeru yang belum lama ini erupsi tercatat berstatus Waspada.

Perinciannya, gunung api yang berstatus Siaga adalah Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah; Gunung Lewotolok di Nusa Tenggara Timur (NTT); dan Gunung Sinabung di Sumatra Utara.

Sementara itu, gunung api dengan status Waspada atau Level 2 yaitu Gunung Ile Werung di NTT; Gunung Sirung di NTT; Gunung Karangetang di Sulawesi Utara; Gunung Semeru di Jawa Timur; dan Gunung Anak Krakatau di Lampung.

Gunung lainnya adalah Gunung Dukono di Maluku Utara; Gunung Ibu di Maluku Utara; Gunung Gamalama di Maluku Utara; Guning Kerinci di Jambi dan Sumatra Barat; Gunung Bromo di Jawa Timur; dan Gunung Soputan di Sulawesi Utara.

Lebih lanjut, PVMBG mengimbau masyarakat dan pengunjung gunung yang berstatus Siaga untuk tidak beraktivitas dalam radius sekitar 3-5 kilometer dari puncak atau kawah.

Sementara itu, untuk gunung berstatus Waspada, masyarakat atau pengunjung dilarang beraktivitas di sekitar puncak atau kawah dengan radius 1,3-3 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini