10 Mata Uang Tertinggi di Dunia Tahun 2021

Bisnis.com,10 Des 2021, 20:32 WIB
Penulis: Intan Riskina Ichsan
Mata uang dinar/wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA—Dolar Amerika Serikat adalah mata uang cadangan dunia dan salah satu mata uang terkuat, tetapi ternyata bukan merupakan mata uang tertinggi di dunia.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa mata uang lain memiliki nilai lebih tinggi daripada pound sterling dan dolar AS.

Setiap ekonom, pengusaha atau pemilik bisnis harus mengetahui 10 mata uang tertinggi di dunia berikut dilansir dari Clacified:

1. Dinar Kuwait

Dinar Kuwait adalah mata uang tertinggi di dunia pada tahun 2021. Kode untuk mata uang ini adalah KWD. Satu Dinar Kuwait sama dengan 3,30 USD atau 2,73 EUR.

Dengan satu Dinar Kuwait bernilai di atas 3 dolar AS, mata uang ini dianggap yang tertinggi dan terkuat di dunia.

Kuwait adalah negara yang terkenal dengan eksploitasi besar dalam industri minyak dan memiliki ekonomi yang stabil secara global. Meskipun sebuah negara kecil, Kuwait, telah mengumpulkan banyak kekayaan. Dinar Kuwait adalah satu-satunya mata uang yang negaranya (Kuwait) masuk dalam daftar 10 negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita.

2. Dinar Bahrain

Dinar Bahrain adalah mata uang yang digunakan di Bahrain, sebuah negara kecil di Teluk Persia Dinar Bahrain adalah mata uang tertinggi kedua di dunia, dengan kode mata uang BHD. Satu Dinar Bahrain berlaku untuk 2,66 USD atau 2,20 EUR.

BHD dipatok dengan kurs dolar USD. Menariknya, nilai tukar antara kedua mata uang ini tetap stabil sejak tahun 2005. BHD muncul pada tahun 1965 dan memiliki nilai tukar tetap, dan karena alasan ini, nilainya yang tinggi tidak terlalu sesuai dengan ekonomi Bahrain.

Perlu dicatat bahwa meskipun Bahrain tidak masuk dalam daftar 10 negara terkaya, itu adalah negara Arab terkaya ke-5, dengan ekonominya berada di peringkat ke-23 di dunia. Sumber pendapatan terbesar Bahrain adalah melalui ekspor 'emas hitam'. Bahrain juga dikenal dengan sumber daya alam lainnya seperti pohon kurma, minyak dan pantai.

3.  Rial Oman

Oman adalah negara kecil Arab menggunakan mata uang, Rial Oman. Sebagai mata uang tertinggi atau terkuat ketiga di dunia, kode mata uangnya adalah OMR. Satu Rial Oman setara dengan 2,60 dolar AS atau 2,15 Euro.

Satu Rial Oman dibagi menjadi 1000 Baiza. Baiza adalah koin dan unit moneter Oman. Oman adalah negara Arab kecil yang terletak di pantai tenggara Semenanjung Arab. Negara ini menghasilkan sebagian besar pendapatannya dari pariwisata dan pertanian. Ekonominya dikembangkan dan menawarkan warganya kualitas hidup yang tinggi.

4. Dinar Yordania

Dinar Yordania adalah mata uang yang digunakan di Yordania. Ini adalah mata uang tertinggi keempat di dunia dengan kode mata uang JOD. Satu Dinar Yordania sama dengan 1,41 dolar AS atau 1,16 EUR.

Yordania memiliki mata uang dengan nilai yang sangat tinggi, tetapi yang menarik, negara tersebut tidak berkembang secara ekonomi karena tidak memiliki beberapa sumber daya alam penting seperti minyak.

Ekonomi Yordania diklasifikasikan di bawah 'ekonomi pasar berkembang'. Pada 2019, negara ini memiliki PDB sebesar $44,4 miliar, sehingga menjadikannya negara ke-89 di seluruh dunia. Dengan satu Dinar Yordania yang setara dengan 1,41 Dolar AS, mata uang ini dinilai sebagai salah satu mata uang terkuat di dunia.

5. Pound Sterling Inggris

Banyak orang akan berharap bahwa Pound Sterling Inggris akan menjadi yang pertama dalam daftar 10 mata uang tertinggi di dunia ini, tetapi sebenarnya ini adalah mata uang tertinggi ke-5 di dunia pada tahun 2021.

Kode mata uang untuk British Pound Sterling adalah GBP. Satu Pound Sterling Inggris sama dengan 1,37 dolar AS atau 1,13 Euro. Koloni Inggris memberikan mata uang mereka sendiri, yang sangat berbeda dari yang dikeluarkan oleh Bank of England. Namun, mereka semua dinilai sebagai 1 sama dengan 1. Ini berarti ada mata uang pounds Inggris yang berbeda seperti Irlandia Utara, Skotlandia, Jersey, Manx, Pound Pulau St. Elena dan Pound Kepulauan Falkland, namun semuanya memiliki nilai yang sama.

6. Dolar Kepulauan Cayman

Kode mata uang untuk Dolar Kepulauan Cayman adalah KYD. Satu Dolar Kepulauan Cayman sama dengan 1,22 dolar AS atau 1,01 Euro.

Kepulauan Cayman adalah negara seberang laut Inggris yang terletak di laut Karibia Barat yang mengatur dirinya sendiri. Ini terdiri dari tiga pulau, Cayman Brac, Grand Cayman dan Little Cayman. Kepulauan ini termasuk yang terbaik di dunia dalam hal pajak. Mereka telah memberikan lisensi untuk banyak hedge fund, bank dan perusahaan asuransi.

7.  Euro Eropa

Euro Eropa adalah mata uang tertinggi ketujuh di dunia dan mata uang cadangan dunia kedua (setelah Dolar AS mengambil sebanyak 22,2 persen dari semua tabungan dunia. Sama seperti Pound Sterling Inggris, Euro Eropa populer di antara negara-negara di dunia.  Kode mata uang Euro Eropa adalah EUR. Satu Euro Eropa setara dengan 1,21 dolar AS.

Sebenarnya, nilai Euro telah meningkat selama beberapa tahun terakhir ke titik di mana ia naik menjadi terdaftar sebagai salah satu mata uang dunia yang paling kuat. Namun, nilai mata uang yang tinggi ini tidak mengherankan, mengingat itu adalah mata uang resmi yang diadopsi oleh benua Eropa, di mana Anda akan menemukan banyak negara maju secara ekonomi.

8. Franc Swiss

Franc Swiss adalah mata uang lain yang memiliki nilai tinggi. Kode mata uang Swiss Franc adalah CHF. Satu Franc Swiss sama dengan 1,12 dolar AS atau 0,93 Euro.

Franc Swiss adalah mata uang yang digunakan di Swiss. Swiss memiliki ekonomi yang stabil dan kebetulan menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Negara ini terkenal dengan produk-produk berteknologi tinggi dan telah menjalankan sistem perbankan 'rahasia bank'.

9. Dolar AS

Dolar AS adalah mata uang cadangan dunia yang berarti diterima oleh semua negara di dunia. Kode mata uang untuk Dolar Amerika Serikat adalah USD. Satu dolar AS sama dengan 0,83 Euro.

Karena Amerika Serikat dipandang sebagai pemimpin ekonomi dunia (walaupun berselisih dengan kekuatan dunia lain seperti China), mata uangnya mendapat predikat 'World Reserve Currency'. Artinya, dolar AS diterima di mana saja, dan Anda dapat melakukan pembayaran dalam dolar AS di negara mana pun di dunia.

10.  Dolar Kanada

Dolar Kanada juga secara informal disebut 'loonie' untuk menghormati burung yang ditampilkan pada koin satu dolarnya. Kode mata uang untuk dolar Kanada adalah CAD. Satu dolar Kanada sama dengan 0,79 dolar AS dan 0,65 dalam Euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini