7 Hal yang Bisa Memicu Sakit Liver, Termasuk Tato dan Aerosol

Bisnis.com,11 Des 2021, 07:32 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
ilustrasi tato

Bisnis.com, JAKARTA - Hati atau liver adalah organ tubuh yang sangat penting untuk tubuh Anda.

Liver merupakan bagian dari sistem penyaringan tubuh Anda. Semua darah yang meninggalkan usus dan perut melewati sana, dan mengeluarkan empedu, yang membantu membawa limbah.

Mungkin tanpa sadar, Anda melakukan hal-hal yang bisa merusak hati Anda, baik itu dengan apa yang Anda minum, apa yang Anda hirup, atau ke mana Anda pergi. 

Berikut 7 hal yang bisa merusak liver Anda seperti dilansir dari Eat This :

1. Sering Minum Alkohol 

Minum alkohol tampaknya menyenangkan bagi Anda, tetapi itu membuat hati Anda bekerja, karena harus memprosesnya melalui tubuh Anda. Jika sel-sel hati bekerja terlalu keras, hal itu dapat menyebabkan kerusakan—terkadang jaringan parut yang disebut fibrosis dan terkadang kerusakan parah yang disebut sirosis. "Minum alkohol dalam jumlah sedang," kata Mayo Clinic.

Untuk orang dewasa yang sehat, itu berarti hingga satu gelas sehari untuk wanita dan hingga dua gelas sehari untuk pria. Minum berat atau berisiko tinggi didefinisikan sebagai lebih dari delapan gelas seminggu untuk wanita dan lebih dari 15 gelas seminggu untuk wanita. laki-laki."

2. Menggunakan Semprotan Aerosol 

Karena hati adalah stasiun detoksifikasi, hati tidak hanya menyaring apa yang Anda minum; itu menyaring bahan kimia yang Anda cium.

"Hati-hati dengan semprotan aerosol. Pastikan untuk menggunakan produk ini di area yang berventilasi baik, dan kenakan masker saat menyemprotkan insektisida, fungisida, cat, dan bahan kimia beracun lainnya. Selalu ikuti petunjuk pabriknya," kata Mayo Clinic.

3. Pestisida pada Makanan

Baca label peringatan pada bahan kimia yang Anda gunakan di sekitar rumah, dan cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi untuk memastikan Anda tidak mencerna pestisida. Belilah buah dan sayuran bersih. Spesialis nutrisi Johns Hopkins Lynda McIntyre merekomendasikan untuk mempelajari klasifikasi Kelompok Kerja Lingkungan dari Dirty Dozen™ dan Clean Fifteen™ terkait dengan pestisida."

4. Belum Dites untuk Hepatitis C

Hepatitis C adalah virus yang menyerang hati Anda, dan Anda bisa mendapatkannya dari darah yang terinfeksi. "Sekitar setengah dari orang dengan HCV tidak tahu bahwa mereka terinfeksi, terutama karena mereka tidak memiliki gejala, yang dapat memakan waktu puluhan tahun untuk muncul. 

5. Tato dan tindikan

Jarum dan peralatan lain yang digunakan berkontribusi pada risiko kontaminasi silang dan penyakit. Jika peralatan tidak baru atau disterilkan dengan benar, atau jika pedoman higienis yang tepat tidak diikuti, penyakit yang ditularkan melalui darah, seperti hepatitis B dan C (yang dapat menyebabkan kerusakan hati seumur hidup dan kanker hati berikutnya), HIV, tetanus dan TBC, dapat ditularkan," lapor University of Michigan Health.

6. Makanan tidak sehat

Jika Anda makan makanan yang sehat, hati Anda 'memberi tahu' Anda bahwa Anda melakukan pekerjaan dengan baik. Anda mendapatkan pesan karena hati Anda dapat berfungsi dengan baik dan, asalkan kesehatan Anda secara keseluruhan baik, Anda merasa dalam kondisi fisik yang baik.

Sebaliknya, jika Anda tidak berhati-hati dengan diet Anda, hati Anda tidak berdaya. Ketika Anda mengonsumsi makanan berlemak atau gorengan, dan menumpuk garam, hati Anda benar-benar sedang diserang."

7. Kurang olahraga

Para peneliti telah menunjukkan bahwa rejimen olahraga mengurangi steatosis hati dan kekakuan pada pasien dengan penyakit hati berlemak non-alkohol. Peningkatan kesehatan hati ini dimediasi melalui modifikasi inter-organ cross-talk, perubahan organokin peredaran darah. dan pengurangan peradangan dan stres oksidatif. Karena manfaat ini tidak terkait dengan penurunan berat badan, semua rejimen terapi harus mengintegrasikan olahraga teratur dan pasien harus tetap rajin dan patuh terlepas dari perubahan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini