Perkuat Layanan Nasabah, Bank DKI Lakukan Transformasi Digital

Bisnis.com,15 Des 2021, 17:09 WIB
Penulis: Feni Freycinetia Fitriani
Tampilan aplikasi JakOne Mobile Bank DKI/Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA - Bank DKI akan terus melakukan transformasi digital untuk memperkuat layanan kepada nasabah dan menjawab tantangan di era digitalisasi.

"Digitalisasi itu tuntutan zaman. Kami siap menuju kesana agar posisi Bank DKI bisa lebih bagus lagi," kata Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy dalam keterangan resmi, Rabu (15/12/2021).

Dia mengatakan penggunaan layanan digital ini menjadi keniscayaan untuk menjawab tantangan zaman. Tujuannya, kata dia, agar nasabah terus menggunakan layanan perusahaan dengan bantuan sinergi melalui pemangku kepentingan dan BUMD.

Menurutnya, salah satu layanan digital yang dapat dioptimalkan untuk mendorong kepuasan nasabah adalah aplikasi pinjaman yang dalam memroses pengajuan pembiayaan dalam waktu cepat.

"Bank DKI terus berupaya menjaga ekosistem digital dgn tetap berkomitmen pada digitalisasi pada protfolio UMKM dan transformasi dengan fitur-fitur yang banyak untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk peningkatan digital yang lebih baik," imbuhnya.

Untuk mendukung layanan digital tersebut, Fidri juga memastikan adanya penguatan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), terutama yang mampu beradaptasi dengan sistem teknologi digital.

Dia mengungkapkan kekuatan Bank DKI ada pada kombinasi dari jasa atau servis dengan digital.

"Kami akan mengembangkan kombinasi dari sisi TI dan manusia, karena harus membangun tantangan kerja berbasis digital," katanya.

Terkait target nasabah kedepannya, Bank DKI juga akan fokus menyasar generasi milenial yang selama ini sudah secara erat bergandengan dengan teknologi digital.

"Karena pada saat sekarang jarang ada generasi milenial yang setia, nanti kita upayakan bagaimana yang posisi tidak setia, kita bikin setia dan kita sentuh nuraninya," katanya.

Dia juga memaparkan bank milik Pemprov DKI yang berdiri sejak 1961 ini mempunyai sebanyak 72 persen pegawai yang berasal dari generasi milenial.

Bank DKI juga sudah mempunyai layanan aplikasi digital seperti JakOne Mobile Bank DKI yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk transaksi keuangan pada merchant yang menjadi mitra.

Direktur Eksekutif Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto mengatakan bank yang tidak beradaptasi dengan teknologi digital akan ditinggal oleh nasabahnya.

Saat ini pemanfaatan teknologi digital makin pesat di transaksi keuangan seiring dengan pembatasan kegiatan akibat pandemi yang ditandai dengan pengurangan kantor cabang perbankan.

"Bank-bank harus mulai beradaptasi dengan perubahan ekosistem karena hal ini merupakan keniscayaan dan bank yang tidak memanfaatkan layanan digital akan ditinggal," katanya.

Menurut dia, OJK akan memberikan ruang untuk transformasi bank digital melalui regulasi maupun pengawasan agar proses bisnis baru ini tidak merugikan nasabah dan mampu menjaga keberlangsungan bisnis bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini