Nasdaq Anjlok, Investor Lepas Saham Tekonologi Waspadai Suku Bunga The Fed

Bisnis.com,17 Des 2021, 06:27 WIB
Penulis: Hafiyyan
Seorang pelaku pasar tengah memantau pergerakan harga saham di bursa New York Stock Exchange (NYSE), New York, Amerika Serikat./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Amerika Serikat kompak melemah seiring dengan antisipasi pasar terhadap kenaikan suku bunga Federal Reserve. Nasdaq anjlok paling dalam.

Pada penutupan perdagangan Kamis (16/12/2021), Dow Jones koreksi 0,08 persen menjadi 35.897,64, S&P 500 Index turun 0,87 persen menuju 4.668,67.

Di sisi lain, Nasdaq yang menampung banyak perusahaan teknologi anjlok 2,47 persen ke level 15.180,43.

Nasdaq jatuh dengan keras pada hari Kamis, terseret oleh aksi jual di saham-saham teknologi besar yang menderita seiring dengan hawkish Fed pada potensi kenaikan suku bunga pada tahun 2022.

Ketiga indeks utama AS ditutup merah karena investor mempertimbangkan kemungkinan kenaikan suku bunga, memangkas keuntungan dari reli bantuan yang dipentaskan kemarin setelah bank sentral mengumumkan peningkatan taper yang dapat mengakhiri program stimulus era pandemi sepenuhnya pada Maret.

Apple (AAPL) mengalami hari terburuk sejak Maret, jatuh lebih dari 4 persen selama perdagangan intraday. Saham ditutup pada US$172,26 per saham, turun 3,93 persen.

Saham Amazon (AMZ), Netflix (NFLX), dan Tesla (TSLA) juga menurun dalam aksi jual yang lebih luas dari perusahaan publik terbesar di dunia.

Pengajuan pengangguran pertama kali berjumlah 206.000 naik dari level terendah setengah abad minggu lalu tetapi turun secara keseluruhan dari puncak puncak pandemi mereka, yang mencerminkan ketatnya pasar tenaga kerja yang disebabkan oleh kekurangan pekerja yang berkepanjangan.

Permintaan properti mulai naik 11,8 persen pada basis bulan ke bulan di bulan November, dan aktivitas di sektor jasa dan manufaktur AS melambat pada awal Desember tetapi masih bertahan di wilayah ekspansi

Sementara itu, Presiden Joe Biden menandatangani RUU yang mencegah pemerintah AS dari default. RUU itu menaikkan batas utang AS menjadi US$31,4 triliun dari US$2,5 miliar.

Pada hari Rabu, pejabat Fed menguraikan rencana untuk mempercepat penghentian pembelian obligasi bulanan dan mengisyaratkan rencana untuk menaikkan suku bunga tiga kali tahun depan dalam penyesuaian nyata dari proyeksi September yang mencerminkan peluang 50-50 pada kenaikan suku bunga pada tahun 2022.

"Ketidakseimbangan pasokan dan permintaan terkait dengan pandemi dan pembukaan kembali ekonomi telah berkontribusi pada peningkatan tingkat inflasi," kata FOMC dalam pernyataannya. Komite juga mencatat bahwa Omicron dan varian baru COVID-19 lainnya tetap berisiko terhadap prospek ekonomi.

"Pasar cukup optimis tentang semuanya," kata kepala strategi pendapatan tetap Charles Schwab Kathy Jones kepada Yahoo Finance Live. "Pasar tidak yakin bahwa The Fed akan benar-benar dapat menaikkan suku bunga sebanyak yang mereka katakan."

Apa yang disebut "dot plot" The Fed, ringkasan pandangan anggota individu untuk kondisi ekonomi dan suku bunga, menunjukkan jumlah rata-rata anggota FOMC mengharapkan tiga kenaikan suku bunga pada tahun 2022, hingga empat pada tahun 2023 dan dua diproyeksikan untuk tahun 2024, mencerminkan kecepatan yang lebih cepat untuk kenaikan suku bunga daripada yang diantisipasi dalam perkiraan bulan September.

“Ini adalah perubahan besar dari ringkasan proyeksi ekonomi bulan September, tetapi itu belum tentu merupakan perubahan besar dari apa yang pasar sudah hargai menjelang pertemuan hari ini berdasarkan beberapa komentar terbaru yang kami dapatkan dari para pejabat dan laporan terbaru. data," kata ekonom senior Wells Fargo Sarah House.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hafiyyan
Terkini