HKI Raih Penghargaan dalam Lomba Inovasi Teknologi Pembangunan Jalan dan Jembatan Melalui Video Hari Jalan 2021

Bisnis.com,22 Des 2021, 08:35 WIB
Penulis: Media Digital
Foto: dok. Hutama Karya Infrastruktur

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) kembali meraih prestasi dalam inovasi melalui teknologi. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan sebagai Pemenang II dalam Lomba Inovasi Teknologi Pembangunan Jalan dan Jembatan melalui Video yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR dalam Rangka Hari Jalan 2021.

Melalui video yang berdurasi 4 menit 30 detik, Tim Proyek Pekanbaru-Bangkinang menjelaskan bagaimana BIM dapat membantu tim di lapangan untuk merencanakan dan membangun jalan tol. Dengan mengandalkan teknologi, proses perencanaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih presisi, sehingga memudahkan proses pembangunan.

Risiko-risiko saat pembangunan pun dapat dimitigasi dengan menggunakan BIM.Penghargaan ini diberikan pada perayaan Acara Hari Jalan 2021 di Gedung Auditorium Kementerian PUPR pada Senin (20/12) lalu.

Adapun karya yang dilombakan adalah penggunaan Building Information Modelling (BIM) oleh Tim Proyek Pekanbaru-Bangkinang sebagai teknologi untuk merencanakan dan membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Seksi Pekanbaru-Bangkinang. Penghargaan ini diterima langsung oleh Project Manager Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang, Eka Darma Mizpa Satriades.

Foto: dok. Hutama Karya Infrastruktur

Di saat pandemi Covid-19 melanda, penggunaan BIM memungkinkan seluruh tim proyek untuk tetap bekerja maksimal karena tahap-tahap pekerjaan dapat dilihat dan dibahas bersama dalam sistem digital dengan data terbaru. Penggunaan BIM ini juga berdampak baik bagi lingkungan karena tidak menggunakan kertas dan tentunya akan mendatangkan efisiensi.

Project Manager Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang Eka Darma Mizpa Satriades mengatakan, Proyek Pekanbaru-Bangkinang merupakan proyek pertama HKI yang menerapkan BIM secara komprehensif.

“Kami selaku tim di lapangan sudah merasakan bagaimana BIM memudahkan kami dalam bekerja. Jarak tidak menjadi halangan bagi kami karena semua data-data pekerjaan kami tersaji dalam cloud yang bisa diakses oleh tim, sehingga pengambilan keputusan pun dapat lebih cepat dilakukan,” tutur Eka. 

Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan bahwa pencapaian Tim Proyek PekanbaruBangkinang ini adalah bentuk komitmen Insan HKI untuk selalu berinovasi dengan memanfaatkan teknologi.

Foto: dok. Hutama Karya Infrastruktur

“Sudah hampir dua tahun sejak kami mulai menerapkan BIM di proyek-proyek HKI. Awalnya hal ini tentu tidak mudah dilakukan, namun nyatanya BIM kini justru menjadi teknologi yang wajib digunakan oleh HKI,” ujar Aji.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan HKI Rian Hari Anggoro mengatakan bahwa prestasi yang diraih oleh Tim Pekanbaru-Bangkinang ini akan memotivasi Insan HKI lainnya untuk selalu berinovasi.

“Kami berharap akan adanya inovasi-inovasi lainnya yang akan lahir dari kreativitas para Insan HKI,” pungkas Rian Hari Anggoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Media Digital
Terkini