Komisi IX DPR Berharap Vaksinasi Covid-19 Dosis 3 Gratis

Bisnis.com,06 Jan 2022, 17:40 WIB
Penulis: Aprianus Doni Tolok
Pedagang melintas di dekat iklan layanan masyarakat tentang imbauan vaksin di kawasan Gambir, Jakarta, Senin (3/1/2022). Presiden Joko Widodo memutuskan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster vaksin mulai 12 Januari 2022. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR RI Alifuddin mendukung program booster atau vaksin Covid-19 dosis tiga yang akan dilaksanakan mulai 12 Januari 2022 bisa diberikan secara gratis oleh pemerintah untuk masyarakat.

“Kami berharap vaksin booster bisa diberikan secara gratis mengingat vaksin merupakan kebutuhan dasar yang menjadi tanggung jawab pemerintah,” katanya dikutip dari laman resmi DPR RI, Kamis (6/1/2022).

Lebih lanjut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyampaikan, sesuai dengan pembahasan terakhir bersama Menteri Kesehatan, DPR menyetujui pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster dengan catatan, bahwa semua gratis kecuali bagi yang mampu, dan ada skema berbayar hanya untuk yang mampu.

“Ada tolok ukur atau indikator masyarakat mampu kualifikasinya seperti apa, namun dengan beberapa kondisi tertentu,” usul Alifuddin.

Jika ternyata ada kondisi yang memaksa harus berbayar, sambungnya, maka pemerintah wajib menerapkan harga standard dan terjangkau, jangan sampai terjadi komersialisasi. 

"Harus diingat bahwa vaksin booster wajib digratiskan untuk  masyarakat dengan usia rentan, PBI (penerima bantuan iuran), kurang mampu dan bukan para pejabat atau orang yang mampu,” ujarnya.

Terkait vaksin yang digunakan pada vaksinasi booster, Alifuddin berharap pemerintah berupaya dengan maksimal, agar mengutamakan penggunaan Vaksin Merah Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini