Jasa Marga Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti di 43 Titik, Mana Saja?

Bisnis.com,07 Jan 2022, 11:04 WIB
Penulis: Newswire
Gerbang tol Telaga Asih di ruas tol Cibitung-Cilincing. - Bisnis/Andi M. Arief

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) melakukan uji coba penerapan touchless transaction Single Lane Free Flow (SLFF) alias bayar tol tanpa berhenti atau menyentuh. Sistem SLFF ini berbasis pada teknologi Radio Frequency Identification (RFID), yakni stiker Let it Flo.

"Saat ini kami hanya sebatas uji coba yang lingkupnya terbatas dan tidak komersial. Implementasi sistem touchless transaction ini nantinya akan ditetapkan pemerintah sebagai regulator yang memiliki kewenangan untuk itu," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dikutip dari tempo.co, Jumat, (7/1/2022).

Menurutnya, uji coba tersebut masih berlangsung hingga saat ini. Uji coba dilakukan di kalangan pengguna internal dan bekerjasama dengan beberapa pengguna eksternal seperti BUMN dan komunitas otomotif. Langkah ini dilakukan untuk mengembangkan sistem pembayaran tol nirsentuh ini.

"Kami memahami antusiasme masyarakat dalam penerapan teknologi digital di jalan tol. Sejatinya Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi dalam touchless transaction di jalan tol, bahkan sejak sebelum berlakunya elektronifikasi di jalan tol pada 2017," jelasnya.

Saat ini uji coba bayar tol tanpa berhenti dan sentuh ini dilakukan di 43 gerbang tol dengan 50 gardu yang semuanya berada di Pulau Jawa. Berikut daftarnya:

Tol Jakarta-Cikampek

Tol Dalam Kota

Jakarta-Tangerang

Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR)

Tol Sedyatmo

Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini