Konten Premium

Menanti Kontribusi Holding Pangan, Kala RI disandingkan dengan Rwanda

Bisnis.com,13 Jan 2022, 07:47 WIB
Penulis: Iim Fathimah Timorria
Rajawali Nusantara Indonesia. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – “Tolong terbuka dengan inovasi dan teknologi. Kalau tidak dilakukan jangan kaget kalau 10 tahun lagi Indonesia kalah dari Rwanda. Mereka gencar [mengembangkan] agrikultur,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di hadapan jajaran petinggi perusahaan pelat merah sektor pangan, Rabu (12/1/2022). Di belakangnya, logo anyar ID FOOD yang mereprensentasikan kelahiran Holding BUMN Pangan terpampang.

Pesan Erick tak mencuat tanpa sebab. Dia mengatakan sektor pertanian Indonesia terlalu lama berkutat dengan masalah pasokan dan permintaan, termasuk keberpihakan pada petani yang terbatas. Sementara di negara lain, sektor pertanian menjadi motor ekonomi.

Rwanda barangkali jadi contoh yang tepat untuk melecut komitmen Indonesia di sektor agrikultur. Negara Afrika bagian timur itu berhasil menambah produksi susu sampai 117,5 kali lipat dalam kurun 26 tahun. Populasi sapi juga berhasil ditingkatkan dari hanya 172.000 ekor pada 1994 menjadi 1,3 juta ekor pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini