Emiten Perkebunan Grup Sinarmas (SMAR) Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

Bisnis.com,27 Jan 2022, 13:14 WIB
Penulis: Lorenzo Anugrah Mahardhika
Produk minyak goreng dengan merek dagang filma. Minyak goreng merupakan salah satu produk dari PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk./smart-tbk.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten perkebunan PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. akan menerbitkan surat utang dalam bentuk obligasi senilai Rp1 triliun.

Dalam keterbukaan informasi perusahaan pada Kamis (27/1/2022), emiten berkode saham SMAR itu akan menerbitkan tiga seri surat utang dalam rangkaian Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) III SMART Tahap III Tahun 2022.

Pada 2 tahap sebelumnya, SMAR telah melakukan emisi obligasi masing-masing senilai Rp1,5 triliun dan Rp2,5 triliun. Adapun, secara keseluruhan PUB III ini memiliki target emisi sebesar Rp5 triliun

Surat utang jenis obligasi konvensional Obligasi Berkelanjutan III SMART Tahun 2022 akan diterbitkan dengan jumlah pokok Rp1 triliun.

Seri A akan ditawarkan sebanyak Rp100 miliar dengan tenor 370 hari kalender terhitung sejak tanggal emisi sejak tanggal emisi dan kupon 5 persen.

Seri B akan ditawarkan sebanyak Rp625 miliar dengan tenor 3 tahun dan kupon sebesar 7,25 persen.

Seri C akan ditawarkan sebanyak Rp275 miliar dengan tenor 5 tahun dan kupon sebesar 8,25 persen.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi dan penjamin emisi obligasi adalah PT BCA Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, dan PT Sucor Sekuritas. Sementara itu, PT Bank Mega Tbk bertindak sebagai wali amanat.

Dalam rangka penerbitan obligasi ini, perseroan telah mendapatkan rating idA+ (Single A plus) dari lembaga pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (Persero).

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum obligasi ini akan dipergunakan untuk pembayaran sebagian pokok utang bank jangka panjang perusahaan. Utang itu merupakan angsuran pokok pada saat jatuh tempo dan sebagian pokok utang obligasi pada saat jatuh tempo.

Berikut adalah perkiraan jadwal penawaran obligasi SMAR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farid Firdaus
Terkini