Menteri Pendidikan Era Gus Dur, Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Bisnis.com,09 Feb 2022, 15:43 WIB
Penulis: Indra Gunawan
Mantan Mendiknas Yahya Muahimin meninggal dunia pada 9 Februari 2022 di Purwokerto. ANTARA/HO-Ditjen GTK Kemendikbudristek.

Bisnis.com, JAKARTA - Profesor Yahya Muhaimin, Menteri Pendidikan era Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (periode 1999-2001) meninggal dunia pada Rabu, 9 Februari 2022.

Kabar meninggalnya Profesor Yahya Muhaimin disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Dia menyatakan bahwa keluarga besar Muhammadiyah berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya tokoh Muhammadiyah tersebut.

“Keluarga besar Muhammadiyah menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Prof Yahya Muhaimin. Meninggal hari ini Rabu 9 Februari 2022 pukul 10.10 Wib di RS Geriatri Purwokerto,” ujar Haedar dalam keterangan persnya, Rabu (9/2/2022).

Menurut Haedar, rencananya jenazah Yahya Muhaimin akan dibawa ke rumah duka di Bumiayu, Jawa Tengah. “Informasi pemakaman masih menunggu dari keluarga,” ucap Haedar.

Haedar mengenang sosok Yahya sebagai guru dan tokoh Muhammadiyah yang rendah hati. “Beliau adalah guru dan tokoh kami yang rendah hati, bergaul dan ramah menyapa kepada kader muda Muhammadiyah,” ungkapnya.

Mantan Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah itu juga dikenal sebagai sosok intelektual yang kritis.

“Beliau sosok intelektual teladan yang menunjukkan kata sejalan tindakan. Meski kritis tetap rendah hati dan tidak tampak aura arogansi dengan keilmuannya yang mumpuni,” tutur Haedar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini