Lewati Puncak Omicron, Begini Kondisi Covid-19 Jakarta

Bisnis.com,15 Feb 2022, 10:20 WIB
Penulis: Rahmad Fauzan
Petugas kesehatan melakukan tes usap Covid-19 kepada seorang bocah saat tes massal di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (10/1/2022). Tes usap yang dilakukan kepada 500 warga Krukut tersebut menindaklanjuti ditemukannya 36 kasus Covid-19 di wilayah itu di mana satu di antaranya suspek varian Omicron. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Bisnis.com, JAKARTA - DKI Jakarta disebut telah melewati masa puncak kasus Covid-19 varian Omicron. Penilaian tersebut mengacu kepada data harian kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa DKI Jakarta terindikasi mulai melewati masa puncak kasus Covid-19 varian Omicron. Hal itu terlihat dari penurunan kasus Covid-19 yang menunjukkan tanda-tanda penurunan dalam beberapa hari terakhir.

"Tren kasus di DKI Jakarta menunjukkan tanda-tanda mulai melewati masa puncaknya baik kasus harian, kasus aktif, maupun rawat inap mulai mengalami penurunan," kata Luhut dalam konferensi pers dikutip dari YouTube Setpres, Senin (14/2/2022).

Namun, sambungnya, peningkatan justru mulai terjadi di Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Namun, dia menyebut peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah daerah tersebut tercatat masih di bawah puncak kasus Delta.

Senada, Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono juga mengatakan bahwa Jakarta telah terindikasi melampaui puncak kasus Covid-19 varian Omicron.

"Kabar baik bagi penduduk Jakarta. Data mengindikasikan sudah melewati puncak lonjakan omikron. Harapannya akan terus turun pd minggu-minggu mendatang," kata Pandu melalui akun Twitter @drpriono1, Senin (14/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini