TikTok akan Perpanjang Durasi Video Jadi 10 Menit, Beneran?

Bisnis.com,23 Feb 2022, 15:18 WIB
Penulis: Rahmi Yati
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok akan perpanjang durasi video jadi 10 menit dan telah menguji coba untuk sekelompok kecil pengguna.

Dikutip dari 9to5Mac, Rabu (23/2/2022), pada tahun lalu, TikTok mengumumkan memperpanjang durasi video dari 1 menit menjadi 3 menit. Di pertengahan tahun, durasi tersebut kembali ditambah menjadi 5 menit.

Perubahan ini dilakukan mengingat kompetitor TikTok sebelumnya merilis versi layanan video pendek masing-masing. Instagram misalnya, merilis Reels. Snapchat punya Spotlight dan YouTube memiliki Shorts. Semua platform ini menghadirkan video berdurasi singkat, yakni satu menit.

Sebagaimana diketahui, layanan video berdurasi pendek semakin populer sejak pertama kali diluncurkan. Perusahaan analisis video Conviva mencatat, 12 persen video di YouTube pada 2021 memiliki durasi kurang dari satu menit.

Kini, dengan lebih dari 1 miliar pengguna TikTok di seluruh dunia, platform video ini tampaknya tengah berupaya untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Pasalnya, makin panjang durasi video, ada makin banyak iklan yang bisa dijual.

Padahal sebelumnya, berdasarkan laporan Wired, survei yang dilakukan kepada beberapa perwakilan atau pengguna TikTok menunjukkan mereka enggan menonton video dengan durasi lebih dari satu menit. Namun, TikTok menganggap penggunanya tidaklah benar.

"Pada akhirnya, jika video lima menit membantu TikTok meningkatkan waktu tonton rata-rata pengguna selama beberapa detik, pengiklan tradisional mungkin merasa mereka memiliki lebih banyak kebebasan. Teknologi selalu mencari pendapatan sebanyak mungkin," kata pakar industri Karyn Spencer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini
'