Heboh Motor Listrik, Ini Spesifikasi Motor Listrik Gojek

Bisnis.com,25 Feb 2022, 17:25 WIB
Penulis: Khadijah Shahnaz
Presiden Joko Widodo menjajal sepeda motor listrik buatan dalam negeri 'Gesits', di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018)./ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Gojek baru saja bekerjasama dengan produsen motor listrik lokal Gesits. Mulai Selasa (22/2/2022), Gojek menyediakan layanan motor listrik dengan harga yang sama dengan konvesional. 

Gesits merupakan produk skutik listrik yang awalnya merupakan pengembangan laboratorium otomotif Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Mulanya, Gesits dikerjasamakan dengan Garansindo tetapi pupus di tengah jalan.

Alhasil, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. yang merupakan perusahaan konstruksi pelat merah melalui anak usahanya WIKA Karya Industri & Konstruksi mengambil alih. Kemudian mendirikan PT WIKA Industri Manufaktur (Wima) selaku prinsipal Gesits.

Motor listrik besutan WIMA ini dilengkapi dengan tenaga puncak 5 kW atau setara 6,7 tk. Motor ini memiliki 3 mode berkendara, dan kecepatan maksimal Gesits dibatasi sampai dengan 70 kpj.

Gesits pun mempunyai kapasitas baterai sebesar 1.396 Watt, dalam keadaan kapasitas penuh mampu membuat motor menjelajah sejauh hingga 50 km, Sebagai informasi motor listrik ini mempunyai 2 baterai sehingga dengan pemakaian dua baterai mampu berjalan sejauh 100 km.

Gesits juga menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk satu unit baterainya. Sementara itu, merek ini juga memberikan garansi buat baterai motor listrik selama 3 tahun.

Motor listrik ini dapat menggunakan dua baterai, sehingga dapat berjalan hingga sekitar 100 kilometer tiap melakukan pengisian daya hingga penuh. Adapun waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 menit pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

Gesits juga memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, led daytime running lights, HID projector head lamps. Selain itu, Gesits juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara. GESITS hadir dalam tiga warna, yaitu merah, hitam dan putih.

Gesits juga telah menggunakan komponen Part dalam negeri sebesar 85 persen sehingga untuk ketersedian Spare Part cukup terjamin dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 46,73 persen.

Adapun motor listrik ini dapat dipesan melalui E-Katalog, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Gesits juga dibandrol dengan harga Rp29.750.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini